https://malang.times.co.id/
Berita

ICAM Indonesia Fasilitasi Petani dengan Program Digitalisasi Pertanian

Minggu, 13 Juni 2021 - 20:16
ICAM Indonesia Fasilitasi Petani dengan Program Digitalisasi Pertanian Yayasan ICAM Indonesia bersama institusi pendukung dan mitra petani binaan di Poncokusumo Malang. (Foto: ICAM Indonesia for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Yayasan Insan Cita Agro Madani atau ICAM Indonesia mendorong agar petani bisa mandiri dan lebih dekat dengan teknologi sehingga bertani lebih progresif menuju ikhtiar yang lebih sejahtera.

Salah satu cara yang dilakukan Yayasan ICAM Indonesia adalah menggandeng beberapa institusi dan lembaga untuk berkerjasama.

"Kami libatkan pemberi modal (BRI Agro), Fintech (Igrow), Layanan Teknologi (Telkom Agree) dan Off taker (Kedai sayur) yang menyalurkan hasil panen," kata Ketum Yayasan ICAM Indonesia Dr. Edi Purwanto, STP, MM, Minggu (13/6/2021).

ICAM Indonesia 2

Pria yang akrab disapa Ortega tersebut mengatakan semua pihak yang terlibat melakukan kolaborasi dengan kelompok tani binaan Yayasan ICAM Indonesia.

Untuk tahap 1, pihaknya mendukung dua kelompok tani berjumlah 20 orang di Gubuk Klakah Poncokusumo, Kabupaten Malang yang menangani lahan cabe rawit seluas 18 hektar.

"Mereka mendapatkan modal senilai Rp 1,3 Miliar dan hasil panennya secara bertahap akan disalurkan kedai sayur," tuturnya.

Ortega melanjutkan bahwa ke depan diupayakan beberapa offtaker siap menyusul dan bergabung. Dengan begitu, sambungnya, kegiatan kolaborasi bangkit di sektor pertanian bisa segera terwujud.

ICAM Indonesia 3

"Semoga ini jadi langkah kongkrit memperbaiki iklim usaha pertanian kita dari hulu sampai hilir," jelasnya.

Kedai Sayur berperan sebagai pihak yang memasarkan hasil-hasil pertanian. Sedang Yayasan ICAM Indonesia sebagai lembaga yang melakukan pendampingan, edukasi, pemberdayaan dan pengkaderan petani.

Nantinya, ujar Ortega, akan banyak komoditas lainnya yang akan dikerjasamakan termasuk apel dan jeruk. Juga, tidak menutup kemungkinan mengembangkan ke kelompok tani lainnya.

"Harapannya dengan ekosistem digitalisasi pertanian yang saling menguatkan dan memajukan untuk kesejahteraan bersama bisa dibangun atas dasar trust and equal atau kesetaraan para pihak," pungkas Ketum Yayasan ICAM Indonesia. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.