https://malang.times.co.id/
Berita

UB Borong Juara 1 dalam 3 Kategori di KMI 2024

Senin, 28 Oktober 2024 - 14:26
UB Borong Juara 1 dalam 3 Kategori di KMI 2024 Salah satu kontingen UB yang berhasil menjadi juara 1 dalam KMI 2024 di Universitas Halu Oleo, Kendari. (Istimewa)

TIMES MALANG, MALANG – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Universitas Brawijaya. Kontingen Kampus Biru ini berhasil meraih 3 gelar juara 1 pada ajang Lomba Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XV 2024 yang digelar di Universitas Halu Oleo, Kendari pada Oktober 2024 ini.

3 kategori yang berhasil dimenangkan oleh UB yakni juara 1 Stand Terbaik, Juara 1 kategori Budidaya (Tahap Awal) CAPUNGLAM dan Juara 1 kategori Manufaktur dan Teknologi Terapan (Tahap Bertumbuh) Your24.

Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Mahasiswa Ilhamuddin UB, Nukman, S.Psi., M.A menyampaikan pencapaian ini melampaui ekspektasi UB yang hanya menargetkan 1 emas.

“Benar-benar di luar ekspektasi kita, 2 emas di produk mahasiswa dan 1 emas di stand terbaik. Walau tidak ada pernyataan resmi dari panitia tapi setelah dicermati tidak ada kampus lain yang mendapatkan 2 emas seperti kami,” ungkapnya.

KMI ini diikuti 287 Perguruan tinggi negeri maupun swasta seluruh Indonesia dan 627 produk kewirausahaan.

Juara 1 stan terbaik UB diraih dengan menampilkan lima tim yang lolos mengikuti KMI Expo. Kelima kelompok tersebut adalah “Your24” pada kategori Manufaktur dan Teknologi Terapan, kedua CAPUNGLAM kategori Budidaya, ketiga “Hyper Strike Essence Fish Addict” kategori Jasa Pariwisata dan Perdagangan. Keempat, ”Inovasi System Mini Aeroponics Berbasis Internet of Things IoT guna Menunjang Produksi Pangan Berkelanjutan”, kategori Bisnis Digital dan ”Nema Production” kategori Bisnis Digital.

dosen pembimbing CAPUNGLAM, Moh. Erfan Arif, SE, MM mengatakan, dalam expo tersebut, UB mendapatkan ukuran stand yang lebih kecil dibanding kampus lain tapi pengunjungnya paling banyak. Pengunjung yang memadati stand UB tidak hanya mendapat penjelasan tema-tema project kewirausahaan namun bisa mencoba sensasi memancing lele atau mendapat minuman kolagen gratis.

Juara 1 kategori Budidaya (Tahap Awal) CAPUNGLAM. Capunglam adalah perusahaan perintis di industri budidaya cacing, yang berdedikasi untuk memajukan praktik pertanian berkelanjutan melalui solusi inovatif berbasis cacing. Mengkhususkan diri dalam budidaya dan pengolahan cacing Anc dan Lumbricus, Capunglam memanfaatkan keahliannya untuk menghasilkan produk cacing berkualitas tinggi yang bermanfaat bagi sektor pertanian, peternakan, dan kesehatan yang bisa diproduksi pada skala rumahan. Tim ini terdiri dari Cahyo Ilham F.S, Dien Wahida Putri, Maulidatul Reva Dini, Adelia Sabrina Gunawan, Abbrogivani F. Z. F.

Juara 1 kategori Manufaktur dan Teknologi Terapan (Tahap Bertumbuh) adalah Your24. Your24 merupakan inovasi bisnis pengharum ruangan aromaterapi yang berbahan atsiri. Produk Your24 telah dipasarkan di Malang dan seluruh indonesia melalui platform e commerce, Your24 juga telah mensuplai kebutuhan pengharum ruangan untuk souvenir Forum Rektor Indonesia dan juga industri Hotel, Restoran, dan Cafe.

Saat ini Your24 dibawah naungan PT Jagat Aroma Indonesia melebarkan bisnisnya dengan adanya sistem Distributor & Reseller, dan juga menjadi vendor souvenir untuk event kantor, pernikahan, dan wisuda. Tim terdiri dari Akza Yusri Rafiqi, Nathanael Eldrian Rumawas, Rizki Febrian dan dosen pembimbing Taufiq Ismail, SS, SE, MM, PhD. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.