https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Dies Natalis ke-63 UIN Malang, 85 Persen Wisudawan Berpredikat Cumlaude

Senin, 28 Oktober 2024 - 15:13
Dies Natalis ke-63 UIN Malang, 85 Persen Wisudawan Berpredikat Cumlaude Gelaran wisuda ke 83 tahun 2024 UIN Maliki Malang, Senin (28/10/2024). (FOTO: Istimewa )

TIMES MALANG, MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) menggelar prosesi wisuda ke-83 Periode V 2024, Senin (28/10/2024). Gelaran wisuda kali ini berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya. Karena selain bertabur prestasi, wisuda kali ini juga berbarengan dengan peringatan hari jadi Kampus Hijau ini yang ke-63.

Dalam kesempatan itu, Rektor UIN Malang, Prof Zainuddin dengan bangga menyampaikan berbagai prestasi yang telah ditorehkan oleh UIN Malang kepada seluruh wisudawan dan juga orangtua yang hadir. Antara kain akreditasi institusi unggul terbaik PTKIN nomor 1 di Indonesia versi Unirank.

Prof-Zainuddin.jpg

Selanjutnya prestasi sebagai Universitas Islam terbaik rangking 16 dunia versi unirank, ketiga sertifikasi layanan bertaraf Internasional ISO 9001:2015, sertifikasi Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA), penghargaan perguruan tinggi dengan mahaiswa asing terbanyak di Indonesia, dan masih banyak lainya.

Selain itu, Rektor juga menjelaskan, bahwa berdasarkan hasil tracer studi yang dilakukan pada tahun 2023, didapati data bahwa 71,46 persen lulusan UIN Malang bisa diterima di dunia kerja dalam kurun waktu 3 bulan setelah lulus.

Sebanyak 16,18 persen diterima kerja dalam kurun waktu 3 - 6 bulan, 6,52 persen diterima kerja dalam waktu 6 - 12 bulan, dan  hanya 5,84 persen yang diterima kerja lebih dari 12 bulan.

"Ini menunjukkan bahwa lulusan UIN Maliki Malang sangat mudah terserap di dunia kerja," kata dia.

Pihaknya berharap, para wisudawan bisa terus mengamalkan ilmunya, sehingga apa yang didapat di kampus ini bisa juga dirasakan oleh masyarakat orang.

Sementara itu, dalam laporan akademik yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, disebutkan bahwa  dari 800 orang yang diwisuda, 79% wisudawan di UIN Malang lulus tepat waktu.

Tepat waktu yang dimaksud ialah: wisudawan Program Sarjana (S1) yang lulus delapan semester sebanyak 550, wisudawan Program Magister (S2) yang lulus empat semester sebanyak 86, dan dua wisudawan Program Doktor (S3) yang diwisuda kali ini seluruhnya lulus dalam enam semester.

"Persentase jumlah wisudawan yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) berpredikat Cumlaude ialah 85%. Wisudawan S1 dengan IPK Cumlaude sebanyak 582. Wisudawan S2 dengan Cumlaude sejumlah 97, begitu juga kedua Doktor yang diwisuda hari ini," kata dia. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.