https://malang.times.co.id/
Berita

Rekayasa Lalu Lintas Jadi Kunci Utama Dishub Kota Malang Raih WTN Tingkat Nasional

Rabu, 11 September 2024 - 14:33
Rekayasa Lalu Lintas Jadi Kunci Utama Dishub Kota Malang Raih WTN Tingkat Nasional Kadishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra saat menerima penghargaan WTN dari Kemenhub RI. (Foto: Dok. Prokopim Setda Kota Malang)

TIMES MALANG, MALANG – Pemkot Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang berhasil meraih prestasi tingkat nasional. Kali ini, Kota Malang meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2024 kategori Kota Besar dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Penghargaan WTN tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi kepada Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, Sabtu (7/9/2024) lalu.

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengatakan, penghargaan ini merupakan penilaian tertinggi untuk kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan.

"Kota terbesar di Indonesia ada 5 dan Kota Malang termasuk dan mendapat penilaian itu," ujar Widjaja, Rabu (11/9/2024).

Ia mengungkapkan, penilaian ini sudah berjalan sejak tahun 2023 lalu. Dimana, terdapat seleksi administrasi, verifikasi data dan peninjauan lapangan.

"Nah peninjauan lapangan ini, timnya mandiri atau independen. Dari Jakarta semua dan kita gak tahu kapan datanya, tiba-tiba dilakukan penilaian," ungkapnya.

Kadishub-Kota-Malang-2.jpg

Terdapat lima aspek dalam penilaian, yakni bidang lalu lintas, angkutan, sarana, prasarana dan bidang umum atau inovasi.

Kemudian, yang menjadi kunci utama Kota Malang mendapat penghargaan ini, yaitu dalam bidang inovasi. Dimana, inovasi rekayasa lalu lintas yang dilakukan Dishub Kota Malang mendapat perhatian khusus dan poin plus dalam penilaian.

"Yang menjadi perhatian adalah Kayutangan (Jalan Basuki Rahmat) dan sekitarnya. Kita mengurangi kepadatan lalu lintas disitu. Itu yang menjadi perhatian dan yang lainnya standar, sudah terpenuhi," jelasnya.

Tak hanya itu, soal program By The Service (BTS) dalam rangka mentransformasi angkutan umum, juga mendapat penilaian khusus dari Kemenhub RI.

Bahkan, program yang tengah digodok dan diajukan ke Pemerintah Pusat RI agar mampu dibiayai oleh APBN, kini sudah mendapat lampu hijau.

"Kita akan terus melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat dalam rangka mewujudkan BTS yang ada di Kota Malang," katanya.

Sementara, Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan menyampaikan bahwa penghargaan WTN ini menjadi bukti nyata dari kerja keras bersama dalam memajukan Kota Malang, khususnya dalam penyelenggaraan kinerja transportasi perkotaan.

"Penghargaan WTN yang diberikan ini atas keberhasilan kita dalam mewujudkan transportasi yang aman, nyaman dan berkelanjutan. Ini menjadi simbol bahwa Kota Malang terus berbenah dalam sektor lalu lintas dan angkutan jalan," ucapnya. (d)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.