https://malang.times.co.id/
Berita

Ada Sejak Sebelum Indonesia Merdeka, Ini 7 Sekolah Tertua Di Malang

Sabtu, 13 April 2024 - 03:37
Ada Sejak Sebelum Indonesia Merdeka, Ini 7 Sekolah Tertua Di Malang SMAS Cor Jesu yang menjadi salah satu sekolah tertua di Malang. (Istimewa)

TIMES MALANG, MALANG – Malang memiliki beberapa julukan, salah satunya Kota Pendidikan. Julukan itu tak lepas dari banyaknya institusi pendidikan yang berdiri di Kota Malang, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Berikut daftar sekolah tertua di Malang

1. SMA Swasta Katolik Cor Jesu

SMA Swasta Katolik Cor Jesu merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di Kota Malang. Sekolah yang dulunya bernama Sekolah Ursulin Malang ini berdiri secara bertahap sejak tahun 1900.

Saat awal dibangun, sekolah ini merupakan Taman Kanak-Kanak (TK). Kemudian berkembang menjadi SD, dan selanjutnya dibangun SMP pada 1920. Hingga saat ini, sekolah tersebut terdapat SMA dan SMK.

Sekolah ini awalnya berlantai dua, namun ludes terbakar pada masa kemerdekaan, tepatnya saat Agresi Moliter Belanda I tahun 1947. Pada tahun 1955, sekolah ini diresmikan kembali hanya satu lantai.

2. Gedung SMP Kristen (Christ MULO School)

Sekolah setingkat MULO (pendidikan dasar yang diperluas setingkat Sekolah Lanjutan Pertama) mulai didirikan sekitar tahun 1914.

Dalam kurun waktu 10 tahun yakni mulai tahun 1926 sampai 1936 dibangun gedung-gedung sekolah dari berbagai tingkatan. Hingga sekitar 12 buah sekolah didirikan ditambah dengan sekolah khusus berbahasa China.

3. SMP Negeri 1 Malang

Pada masa penjajahan Belanda, Kota Malang pernah punya sekolah bernama Europese Lager School (ELS) alias sekolah tujuh tahun.

Seiring berjalannya waktu, sekolah yang berdiri pada tahun 1927 itu berubah menjadi SMP Negeri 1 Malang, hingga saat ini.

Pembangunan sekolah ini disinyalir merupakan bagian dari rencana pengembangan (bowplan) Kota Malang tahap V yang berlangsung antara tahun 1924-1925. Perluasan wilayah kota ke sebelah barat itu dilatarbelakangi meningkatnya jumlah warga Eropa yang tinggal di Malang. Karenanya, mereka akan ditempatkan di daerah khusus di wilayah barat, yang saat ini menjadi kawasan Jalan Ijen Boulevard dan sekitarnya.

4. SMA Tugu

SMA Tugu terdiri dari SMA Negeri 1 Malang, SMA Negeri 3 Malang, dan SMA Negeri 4 Malang. Karena lokasinya yang berdekatan, ketiga sekolah itu kerap disebut dengan SMA Tugu.

Dulunya, kompleks sekolah ini diberi nama HBS dan AMS. Gedung sekolahnya dibangun pada tahun 1931 di dekat kawasan Alun-alun Bunder (sekarang Alun-alun Tugu).

HBS (Hoogere Burger School) adalah Sekolah Tinggai Warga Negara atau Sekolah Menengah untuk Belanda, sementara AMS (Algemeene Middlebare
School) adalah Sekolah Mengengah untuk Umum.

Salah satu SMA Tugu, SMA Negeri 1 Malang berdiri pada 17 April 1950. Pada masa iti, rezim Jepang berakhir, beberapa gedung di Alun-alun Tugu dibumihanguskan. Sehingga bangunan baru ada sejak zaman Belanda setelah kemerdekaan.

5. SMAK Santo Albertus

Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Santo Albertus berada di Jalan Talang Nomor 1, Kota Malang. Berdiri sejak tahun 1936, menjadikan SMAK ini sebagai salah satu Sekolah Menengah Atas Katolik tertua di Malang.

Sekolah ini didirikan oleh Pater Petrus Nicolaus Kramer, O.Carm. Sekolah swasta yang berstatus terakreditasi A ini dikelola oleh Yayasan Sancta Maria, milik serikat para imam dan biarawan ordo Karmel.

6. SD Santa Maria (Neutrale Lagare School)

SD Santa Maria (Neutrale Lagare School) adalah sekolah umum yang dibangun oleh Kolonial Belanda di tahun 1930-an.

Lahan tempat gedung sekolah ini berdiri kelak menjadi cikal bakal sekolah Katolik yang sekarang dikenal dengan nama SMAK Kolese Santo Yusup alias Hua-Ind.

Sekolah ini berdiri tegak di Emmastraat (sekarang Jalan Dokter Sutomo) Nomor 35 Kota Malang.

7. SD Kristen Brawijaya 1 Kota Malang

Sekolah yang berada di kawasan Splendid atau sekitar pasar hewan ini adalah salah satu sekolah tertua di Malang yang ada sejak zaman Belanda.

Semula, sekolah ini merupakan Sekolah Kepandaian Putri (SKP) di jaman Belanda dan selanjutnya menjadi SD pada 1950 an.

Gedung SD Kristen Brawijaya 1 merupakan bangunan cagar budaya. Kondisi bangunannya masih bagus, ruangan kelasnya besar, dan ingkungan di sekitar sekolah juga sejuk. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.