https://malang.times.co.id/
Olahraga

Kiper Joe Hart Gantung Sarung Tangan

Minggu, 19 Mei 2024 - 07:00
Kiper Joe Hart Gantung Sarung Tangan Kiper Celtic Joe Hart akan pensiun sebagai kiper profesional. (Foto: AFP/Antara)

TIMES MALANG, JAKARTA – Penjaga gawang Celtic dan mantan kiper timnas Inggris, Joe Hart, mengakhiri karir sepak bola profesionalnya pada Sabtu (18/5) setelah membantu Celtic meraih kemenangan 3-2 atas St Mirren dalam pertandingan terakhir Liga Skotlandia musim 2023-2024 di Glasgow.

Pemain berusia 37 tahun ini disambut dengan tepuk tangan meriah dari para pendukung tuan rumah, yang membentangkan spanduk besar bertuliskan "Super Joe Hart" di salah satu sisi stadion Celtic Park.

"Saya belum pernah merasa seprofesional ini sepanjang karir saya," kata Joe Hart kepada AFP pada Sabtu.

"Saya dan keluarga sangat terkesan dengan kalian semua dan semua orang yang terkait dengan klub ini," lanjut mantan kiper Manchester City dan Burnley tersebut.

"Kalian membuat saya merasa sangat istimewa. Terima kasih banyak telah menerima saya," kata Joe Hart.

Pelatih Celtic, Brendan Rodgers, menyatakan bahwa Joe Hart adalah penjaga gawang yang memiliki kepemimpinan dan etos kerja yang pantang menyerah.

"Dia akan meninggalkan klub pekan depan sebagai legenda. Ini adalah hari yang luar biasa baginya," kata Rodgers.

Joe Hart memulai karir profesionalnya bersama Shrewsbury Town sebelum direkrut oleh Manchester City pada 2006. Di awal karirnya dengan The Citizens, Hart dipinjamkan ke Tranmere Rovers, Blackpool, dan Birmingham City.

Hart menjadi kiper utama Manchester City di bawah pelatih Roberto Mancini pada 2010-2013, sekaligus menjadi penjaga gawang utama timnas Inggris.

Karir Hart mulai meredup saat Pep Guardiola datang pada 2016 dan membawa kiper asal Chile, Claudio Bravo. Manchester City kemudian meminjamkan Hart ke Torino dan West Ham sebelum dijual secara permanen ke Burnley pada 2018.

Pada 2021, Hart bergabung dengan Celtic dan mengakhiri karirnya di Skotlandia dengan catatan 109 pertandingan bersama Celtic. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.