https://malang.times.co.id/
Berita

KPU Kota Malang Siapkan Enam TPS di Dua Lapas

Rabu, 25 September 2024 - 14:26
KPU Kota Malang Siapkan Enam TPS di Dua Lapas Ilustrasi warga binaan Lapas Kelas I Malang saat melakukan pendataan DPT. (Foto: Dok. Lapas Kelas I Malang/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menyiapkan enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dua lokasi khusus yang disiapkan pada tahapan Pilkada 2024. Dua lokasi khusus tersebut berada di dua lapas dalam Pilkada Kota Malang.

Ketua KPU Kota Malang, M Toyyib mengatakan, dua lokasi khusus ini ada di Lapas Kelas I Lowokwaru dan Lapas Perempuan Kelas II A Malang.

"Di dua lapas itu total ada enam TPS. Satu TPS di Lapas Perempuan dan lima di Lapas Lowokwaru," ujar Toyyib, Rabu (25/9/2024).

Sedangkan, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di dua lapas tersebut masih dalam perhitungan KPU Kota Malang.

"Jumlah calon pemilih di lapas belum selesai. Jadi yang di lokasi khusus masih proses penghitungan," ungkapnya.

Perlu diketahui, secara keseluruhan DPT Pilkada 2024 di Kota Malang ada 660.774, terdiri dari 323.167 laki-laki dan 337.577 perempuan.

Angka itu lebih besar ketimbang saat Pemilu 2024 lalu, dimana total 651.758 orang atau naik 9.016 orang.

Oleh sebab itu, lanjut Toyyib, ada potensi kenaikan DPT di dua lapas dalam Pilkada 2024 ini.

"Jadi mungkin ada potensi pertambahan pemilih, karena biasanya ada perpindahan penghuni lapas itu dan kadang ada tambahan jadi dinamis," jelasnya.

Selain itu, lanjut Toyyib, pihaknya juga bekerja sama dengan Dispendukcapil Kota Malang untuk melakukan perekaman KTP elektronik bagi pelajar yang akan menjadi pemilih pemula di Pilkada 2024.

"Tantangannya sekarang yaitu pemilih pemula yang belum memiliki KTP elektronik, kalau sudah melakukan perekaman setidaknya sudah masuk datanya," ucapnya.

Sementara, Kalapas Kelas I Malang, Ketut Akbar Herry Achjar menyebutkan, ada 2.573 ribu Warga Binaan Lapas Malang yang tercatat dalam DPT di Pilkada 2024.

"Dari hasil rapat pleno terbuka, jumlah warga binaan pemasyarakat Lapas Kelas I Malang yang ditetapkan sebagai DPT adalah 2.573 orang," katanya.

Pada Pemilu 2024 lalu, di Lapas Kelas I Malang ada 2.246 warga binaan pemasyarakatan yang tercatat untuk menyalurkan hak suaranya. Dimana saat itu, ada 10 TPS yang disediakan.

"Untuk Pilkada 2024 ada lima TPS," imbuhnya.

Terpisah, Kasi Binadik Lapas Perempuan Kelas IIA Malang, Sri Witayanti menyebut, untuk Lapas Perempuan Malang di Pilkada 2024 ini tercatat ada 370 orang termasuk 18 petugas lapas.

"DPT di Lapas Perempuan ada 370 orang, termasuk 18 petugas lapas. Update data dilakukan terus dengan pihak KPU, jika ada penambahan napi atau tahanan atau DPTB," tandasnya.(*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.