https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Di Universitas Brawijaya, Najwa Shihab Cerita Awal Mula Jadi Wartawan

Selasa, 24 September 2024 - 18:20
Di Universitas Brawijaya, Najwa Shihab Cerita Awal Mula Jadi Wartawan Founder Narasi TV Najwa Shihab saat berada di Universitas Brawijaya, Selasa (24/9/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Ada banyak cerita menarik yang dibagikan oleh Founder Narasi TV Najwa Shihab saat berada di Universitas Brawijaya, Selasa (24/9/2024). Salah satu kisah yang dka bagikan dalam acara Generasi Campus Roadshow Malang itu adalah cerita awal mula dia terjun dan mencintai dunia jurnalistik atau menjadi seorang wartawan.

Najwa menceritakan bahwa ia awalnya kuliah di Fakultas Hukum dengan cita-cita menjadi pengacara, hakim, atau jaksa. "Saya masuk Fakultas Hukum itu dengan niatan untuk lulus dan menjadi penegak hukum," ucapnya. Namun, di semester akhir, sebuah kesempatan tak terduga mengubah arah hidupnya.

"Saya melihat ada lowongan magang di RCTI untuk posisi reporter. Waktu itu saya apply," tambahnya. Najwa mengakui bahwa niatannya saat itu adalah mencari alasan untuk tidak menulis skripsi. "Harusnya sudah mulai bikin skripsi, tapi saya malas. Jadi, nyari cara supaya enggak nulis skripsi. Jangan diikuti dan jangan ditiru," ungkapnya sambil bercanda.

Setelah tiga bulan magang sebagai reporter televisi, Najwa merasakan pengalaman yang mengubah rencananya yang sudah dibangun selama empat tahun. "Pengalaman itu membuat saya jatuh cinta dengan dunia jurnalistik. Itu 25 tahun yang lalu, dan sampai sekarang saya masih di profesi ini," jelasnya.

Najwa menekankan betapa pentingnya terbuka terhadap peluang dan berani mencoba hal baru. "Awalnya saya hanya melihat kesempatan secara random, tetapi saya jatuh cinta dan terus mencintai profesi ini hingga saat ini," tuturnya.

Cerita Najwa Shihab menjadi inspirasi bagi banyak mahasiswa yang hadir, menunjukkan bahwa kadang-kadang, jalan hidup yang tidak terduga bisa membawa kita ke tempat yang lebih baik. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.