https://malang.times.co.id/
Berita

Binus Malang Punya Program Baru Digital Psychology, Gen Z Jadi Prioritas

Rabu, 25 September 2024 - 19:54
Binus Malang Punya Program Baru Digital Psychology, Gen Z Jadi Prioritas Peluncuran program baru Digital Psychology milik Binus Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Universitas BINUS Malang mengambil langkah strategis dengan memunculkan program baru bernama Digital Psychology. Program ini baru saja diresmikan dengan tajuk New Program bertajuk 'Leveraging Technology Through People for a Connected Future' di kampus BINUS Malang pada Rabu (25/9/2024).

Program Digital Psychology ini bakal menjadi jawaban atas kebutuhan Gen Z yang semakin butuh pendekatan baru dalam menghadapi tantangan psikologis di era digital. Selain itu, program ini juga untuk membekali mereka dengan keterampilan yang relevan di dunia kerja terkini. 

Terlebih, di era digital saat ini Gen Z dihadapkan dengan tantangan yang unik. Kehidupan mereka sangat terhubung dengan teknologi digital yang memunculkan isu-isu baru terkait kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis. 

Penggunaan media sosial, ketergantungan perangkat digital, tekanan dunia virtual kerap berdampak pada kesehatan mental mereka. Hal inilah yang menjadi dasar BINUS Malang untuk menghadirkan Program Digital Psychology. 

Direktur BINUS Malang, Dr. Robertus Tang Herman, mengatakan, kurikulum Program Digital Psychology ini disusun untuk mengintegrasikan ilmu psikologi dengan pengembangan teknologi. 

Lulusan dari program ini, nantinya diproyeksikan mampu memenuhi kebutuhan industri yang kian berkembang. Salah satunya, keterampilan menggabungkan teknologi dan pemahaman mendalam tentang psikologi manusia.

"Data menjadi kunci untuk memahami pengaruh teknologi pada kesejahteraan mental masyarakat. Sebab, dari data kita bisa mendapatkan informasi yang
lebih objektif. Kami ingin mencetak tenaga lulusan yang memahami hal tersebut melalui program Digital Psychology," ujar Robertus, Rabu (25/9/2024).

Selain itu, pihaknya akan membekali mahasiswa program ini untuk menjadi digital technopreneur yang inovatif dalam mengembangkan dan memajukan industri digital. 

"Kami berharap para lulusan dapat menjadi pelopor dalam menciptakan produk dan layanan yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental, tetapi juga memiliki nilai bisnis yang tinggi di era digital ini," ungkapnya.

Disisi lain, Deputy Dean Faculty of Humanities, Raymond Godwin, menambahkan, kemunculan Program Digital Psychology ini juga menjadi langkah penting dalam menjawab kebutuhan industri dan masyarakat yang kian mengandalkan teknologi digital. 

"Program ini dirancang untuk melahirkan generasi profesional berwawasan ilmu psikologi mendalam dan mampu memanfaatkan teknologi dan data sebagai solusi berbasis digital untuk meningkatkan kesejahteraan mental," katanya.

Perlu diketahui, teknologi digital telah membawa revolusi besar dalam berbagai aspek kehidupan. Namun teknologi digital juga memunculkan dampak psikologis seperti stres, kecemasan hingga kecanduan. 

Untuk itu, bekerja di industri saat ini perlu memahami ilmu psikologis agar bisa menunjang kinerja yang produktif dan inovatif. Dalam program digital psychology ini, mahasiswa akan dibekali ilmu pengembangan teknologi inovatif, berkelanjutan, beretika dan berbasis kesejahteraan mental.  

Sementara, Dean School of Computer
Science, Dr. Ir. Derwin Suhartono, menyebut bahwa program ini menghubungkan ilmu psikologi dan teknologi. Pada program ini menekankan pentingnya memahami perilaku manusia melalui big data, AI, serta penggunaan teknologi untuk mengatasi isu-isu psikologis yang muncul akibat paparan teknologi.

"Lulusan dari program ini akan dibekali dengan kemampuan untuk menciptakan solusi teknologi yang dapat membantu dalam pengembangan terapi berbasis digital, alat pemantauan kesehatan mental, serta sistem intervensi psikologis yang lebih akurat dan personal," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.