https://malang.times.co.id/
Berita

BECAREFUL, Cara FK UB Beri Edukasi Kanker Payudara di Lapangan Rampal Kota Malang

Minggu, 20 Oktober 2024 - 18:02
BECAREFUL, Cara FK UB Beri Edukasi Kanker Payudara di Lapangan Rampal Kota Malang Panitia BECAREFULL mengedukasi pengunjung Lapangan Rampal mengenai kanker payudara, Minggu (20/10/2024). (FOTO: Ananda Sri R. Sihite/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker payudara, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) kembali menggelar acara BECAREFUL (Fight Against Breast and Cervical Cancer Fearlessly).

Digelar melalui organisasi CIMSA (Center for Indonesian Medical Students’ Activities), kegiatan yang sudah berlangsung selama tiga tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kanker payudara di Indonesia. 

Kanker payudara sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi ketika sel-sel ganas tumbuh di dalam jaringan payudara.

Edukasi-2.jpgAntrian peserta yang mengikuti USG payudara Gratis di Rumah Sakit Lavelatte, Minggu (20/10/2024). (FOTO: Ananda Sri R. Sihite/TIMES Indonesia)

Sel-sel kanker payudara bermula di dalam saluran susu kemudian menyebar ke jaringan payudara di dekatnya, sehingga menimbulkan benjolan.

Kanker payudara ini lebih banyak terjadi pada wanita, beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker payudara antara lain riwayat keluarga, hormonal, usia, riwayat radiasi dinding dada, konsumsi alkohol, dan mutasi gen.

Menurut WHO (World Health Organization) terdapat 2.296.840 kasus kanker payudara di dunia, kanker payudara menduduki peringkat kedua penderita kanker terbanyak.

Sedangkan di Indonesia, menurut data tahun 2022 terdapat lebih dari 65 ribu kasus baru kanker payudara, dan menempati peringkat pertama kejadian kanker tertinggi di Indonesia. 

Anisa Rizky Putri Rianti, mahasiswa FK UB yang merupakan Sekretaris di acara ini menyebutkan jika kehadiran mereka adalah demi menurunkan angka pengidap kanker payudara, karena kanker payudara di Indonesia menduduki peringkat satu.

"Oleh karena itu kita di sini hadir sebagai agen yang ingin menurunkan angka tersebut dengan cara mengedukasi masyarakat dan juga memberikan USG gratis ke orang-orang yang kurang mampu”. ucapnya.

Acara BECAREFUL ini dilaksanakan di dua tempat dengan agenda kegiatan yang berbeda. Kegiatan pertama dilaksanakan di Lapangan Rampal dengan edukasi, kegiatan mengedukasi masyarakat yang ada di sekitar lapangan dengan membagikan brosur.

Di kegiatan ini panitia membentuk empat kelompok yang terdiri dari 5 sampai 7 orang. Dalam satu kelompok, target untuk kegiatan ini sebanyak 50 orang dan target tersebut sudah dipenuhi oleh seluruh panitia dan tim volunteer pada kegaiatan edukasi.

Kegiatan kedua dilaksanakan di Rumah Sakit Lavalette dengan agenda kegiatan adalah pemeriksaan USG payudara gratis untuk 50 orang peserta kurang mampu yang sebelumnya sudah ada di daftar panitia penyelenggara.

Kegiatan BECAREFUL ini juga bekerjasama dengan Love Pink Malang. Organisais nirlaba untuk penyintas kanker payudara dan kanker serviks ini juga memberikan biaya untuk penyelenggarakan USG payudara gratis dan perwakilannya turut hadir di Rumah Sakit Lavalette. 

Edukasi-3.jpgFoto panitia memegang poster edukasi kanker payudara di depan booth BECAREFUL Lapangan Rampal, Minggu (20/10/2024). (FOTO: Ananda Sri R. Sihite/TIMES Indonesia)

Sebelum acara puncak hari ini berlangsung, panitia CIMSA juga mengadakan acara pre-event yang dilaksanakan pada 3 Oktober 2024 di lobi gedung FK UB. Kegiatan ini menargetkan mahasiswa, khususnya untuk mahasiswa baru yang ada di Universitas Brawijaya.

Pada kegiatan ini panitia menyediakan photobooth dan juga banner untuk menyampaikan pesan-pesan positif yang ingin disampaikan kepada penyuntas kanker payudara yang nantinya akan diberikan kepada komunitas penyuntas kanker payudara yang ada di Kota Malang.

Selain itu pada kegiatan BECAREFUL ini panitia juga melakukan open donasi untuk para penyintas kanker payudara.

Nantinya uang yang terkumpul dari hasil donasi akan diberikan langsung kepada pihak eksternal yang sudah bekerjasma dengan panitia BECAREFUL yaitu organisasi Love Pink Malang. Harapannya,kegiatan ini dapat membantu para penyitas kanker payudara.

Selanjutnya untuk menutup acara dan sebagai hiburan pelepas penat, panitia dan tim sukarelawan melakukan kegiatan merangkai bunga dan hasilnya bisa dibawa pulang oleh masing-masing peserta. (*)

Pewarta : Ananda Sri (MG)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.