https://malang.times.co.id/
Berita

Rektor UIN Malang Buka Gelaran I-Yes 2024

Senin, 09 September 2024 - 13:33
Rektor UIN Malang Buka Gelaran I-Yes 2024 Rektor UIN Malang Prof Zainuddin bersama jajaran dan peserta saat membuka I-YES 2024 di Home Theater Humaniora, Senin (9/9/2024). (Foto: Humas UIN Malang)

TIMES MALANG, MALANG – Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Prof. Dr. M. Zainuddin resmi membuka gelaran International Youth-Enhancing Study (I-YES) 2024, Senin (9/9/2024). Pembukaan itu berlangsung di Home Theatre Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang.

I-YES sendiri adalah kegiatan tahunan bertujuan untuk membangun jembatan antarbudaya di dunia. Tahun ini, acara ini diikuti oleh 27 peserta yang berasal dari berbagai negara, termasuk 17 orang dari luar negeri dan 10 orang dari Indonesia.

Rektor mengatakan, program inisiasi Fakultas Humaniora ini sangat penting untuk digelar,  agar para mahasiswa bisa belajar dan bertukar budaya dengan mahsiswa dari berbagai negara di belahan dunia. Dengan begitu, mahasiswa bisa mengembangkan empati antarbudaya.

"Program ini adalah yang ketiga kalinya diadakan oleh Fakultas Humaniora. Saya berharap semua peserta bisa menikmati kegiatan ini, terutama para peserta dari luar negeri dan mahasiswa UIN Malang," ucapnya.

Dekan Fakultas Humaniora, Dr. M Faisol, M.Ag menambahkan, I-YES bukan sekadar acara seremonial saja, tetapi sebuah kesempatan emas untuk saling mengenal dan memahami keragaman budaya.

“IYES merupakan salah satu sarana bagi kita untuk saling mengenal dan saling memahami antarbudaya di antara kita semua,” ujarnya.

Selama lima hari ke depan, peserta akan terlibat dalam berbagai kegiatan akademik dan sosial budaya yang dirancang untuk memperkaya pengalaman mereka. Kegiatan seperti dialog antar budaya, membatik, belajar menari, dan belajar musik tradisional akan menjadi bagian penting dari program ini.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan budaya masing-masing, tetapi juga untuk membangun rasa empati dan kesadaran sosial di antara para peserta.

Ketua panitia I-YES 2024, Arief Rahmam Hakim, M.Pd.I menjelaskan bahwa acara ini telah direncanakan dengan sangat baik. "Selama lima hari, mereka akan berkolaborasi dalam kegiatan akademik dan sosial budaya, seperti dialog antar budaya, membatik, belajar menari, dan belajar musik tradisional," pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.