https://malang.times.co.id/
Berita

DPT Pilkada Kota Batu Tahun 2024 Sebesar 166.942

Jumat, 20 September 2024 - 19:44
DPT Pilkada Kota Batu Tahun 2024 Sebesar 166.942 Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto menyerahkan berita acara penetapan DPT kepada Sekda Kota Batu, Zadiem Effisiensi. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, BATU – Komisi Pemilihan Umum Kota Baru (KPU Kota Batu) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu tahun 2024 sebesar 166.942 pemilih.

Dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 82.775 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 84.167 pemilih. Agar pemilu bisa berjalan lancer KPU Kota Batu menetapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 302 TPS yang tersebar pada tiga kecamatan. 

Semua itu ditetapkan oleh KPU dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Golden Tulip Kota Batu, Jumat (20/9/2024) dengan dihadiri seluruh PPK, Bawaslu, Forpimda dan tim pemenangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota.

Dari paparan setiap PPK terdapat beberapa perbaikan, termasuk didalamnya pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) versi PPK sebanyak 168 pemilih, TMS versi KPU sebanyak 180 pemilih.

KPU-Kota-Batu-2.jpg

Sementara jumlah perbaikan data pemilih ditingkat PPK sebanyak 318 pemilih, jumlah perbaikan data pemilih ditingkat KPU sebanyak 317 pemilih.

Semua proses perbaikan ini melalui proses yang panjang mula dari penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), kemudian menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan terakhir DPT. 
Semua proses ini dilakukan berjenjang, sehingga setiap perubahan data pemilih yang dinamis bisa termonitor dengan baik.

Perubahan data penduduk menurut Komisioner KPU Kota Batu, Divisi Data dan Informasi (Datin), Marlina disebabkan banyak hal seperti data ganda, meninggal dunia, invalid, tanggapan masyarakat, pindah hingga rekomendasi perbaikan dari Bawaslu.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto mengatakan dengan ditetapkan DPT ini pihaknya mulai menggencarkan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Selepas penetapan DPT ini kita akan melaksanakan deklarasi damai, penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon,” ujarnya. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.