https://malang.times.co.id/
Berita

Kanjuruhan Culture Carnival, Sanusi: Kreativitas Masyarakat Kabupaten Malang Mudah Didorong

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 12:06
Kanjuruhan Culture Carnival, Sanusi: Kreativitas Masyarakat Kabupaten Malang Mudah Didorong Bupati Malang, HM Sanusi, dengan udeng Garudeya motif batik khas Kabupaten Malang. (Foto Amin/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Gelaran akbar Kanjuruhan Culture Carnival (KCC) dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1264 digeber, berpusat di Jalur Lintas Barat (Jalibar) Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (31/8/2024). 

Sesuai temanya, beauty of cukture - art - tourism, selama acara KCC ini, pesona keindahan budaya, seni dan pariwisata ditampilkan kontingen peserta. 

Bupati Malang, HM Sanusi menyatakan, seluruh masyarakat dari berbagai kalangan bakal berbondong-bondong menunjukkan potensi dan kreativitasnya melalui karya terbaiknya. 

Kanjuruhan-Culture-Carnival-b.jpg

Karya-karya kreatif yang ditampilkan ini, lanjutnya, menggambarkan semangat dan potensi dalam menggali dan memunculkan apapun yang menjadi kekayaaan khazanah kearifan lokal, yang ada di 33 wilayah kecamatan se Kabupaten Malang. 

"Masyarakat Kabupaten Malang itu punya karakter suka berkreasi dan mudah digerakkan. Sejak usia dini, ini juga sudah ditanamkan pada anak-anak, dengan dikenalkan potensi alam dan kearifan lokal yang dimiliki," terang Abah Sanusi, beberapa saat sebelum membuka festival Kanjuruhan Culture Carnival 2024, kemarin. 

Terkait hal itu pula, upaya menumbuhkan bakat keterampilan kreatif dan pola kerja inovatif, terus didorong Pemkab Malang. Baik, dimulai dari dunia pendidikan anak hingga ruang-ruang bagi lahirnya prestasi inovatif di berbagai kesempatan. 

Hal ini seperti sudah dilakukan Pemkab Malang, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, dengan memelihara iklim dan ekosistem kreatif di acara-acara budaya dan pariwisata. 

Yang sudah dilakukan Pemkab Malang, kata Bupati, seperti pembinaan dan fasilitasi untuk kegiatan festival budaya, adat desa, juga memunculkan duta-duta budaya dan pariwisata Kabupaten Malang. 

"Maka pendidikan dan fasilitasi semangat kreativitas yang dipunyai masyarakat Kabupaten Malang ini terus kita tekankan. Yang sangat termotivasi dan mampu berprestasi bahkan kita bantu langsung. Mereka yang nantinya bisa berkiprah pula mengenalkan Kabupaten Malang, dengan keunggulan lokal yang dipunyai," demikian Bupati Malang. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.