https://malang.times.co.id/
Berita

Seperempat Abad KA Gajayana Layani Lebih dari 12 Juta Penumpang Relasi Malang-Jakarta

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:37
Seperempat Abad KA Gajayana Layani Lebih dari 12 Juta Penumpang Relasi Malang-Jakarta KA Gajayana saat diberangkatkan dari Stasiun Malang ke Gambir. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya dengan bangga merayakan 25 tahun atau seperempat abad beroperasinya KA Gajayana, yang memiliki relasi Stasiun Malang tujuan akhir Stasiun Gambir (Jakarta).

Sejak pertama kali beroperasi pada 28 Oktober 1999, KA Gajayana setidaknya sudah melayani lebih dari 12 juta penumpang setianya.

Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya, Wisnu Pramudyo mengatakan, perayaan seperempat abad KA Gajayana, KAI Daop 8 Surabaya menghadirkan berbagai kegiatan, salah satunya menyapa para pelanggan setia dan berbagi souvenir sebagai tanda perayaan seperempat abad KA Gajayana.

Dalam beroperasinya, KA Gajayana menempuh sejauh 907km, berangkat dari Stasiun Malang pukul 14.55 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 03.10 WIB. KA Gajayana memiliki stamformasi 8 kereta eksekutif dan 1 kereta luxury, dengan kapasitas 400 tempat duduk eksekutif dan 26 tempat duduk kelas luxury.

"KA Gajayana ini pernah menyandang KA perjalanan terjauh dulunya," ujar Wisnu, Senin (28/10/2024).

KA-Gajayana-b.jpg

Pada periode tahun 2024 bulan Januari hingga September, tingkat keterisian pelanggan KA Gajayana keberangkatan dari Stasiun Malang mencapai 60 persen hingga 70 persen dari total kapasitas 426 tempat duduk yang tersedia setiap hari. 

Sedangkan, tingkat keterisian pelanggan KA Gajayana jika di total secara keseluruhan, mencapai 120 persen hingga 140 persen setiap hari.

"Pemberangkatan dari Stasiun Malang terbanyak, lebih dari 50 persen. Ini KA legendaris dan kita tingkatkan pelayannnya," ungkapnya.

Wisnu menuturkan bahwa KAI selalu memprioritaskan terhadap keselamatan, namun tetap memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik bagi pelanggan. 

Ia menjelaskan, bagi pelanggan kelas Luxury pada KA Gajayana, bisa menikmati fasilitas di Ruang Luxury Lounge Stasiun Malang yang dibuka 1 jam sebelum keberangkatan KA Gajayana.

Didalamnya, pelanggan dapat menikmati berbagai fasilitas mulai dari ruang tunggu yang nyaman dan berpendingin udara, makanan dan minuman ringan secara cuma-cuma, musholla dan toilet di Luxury Lounge, layanan TV berlangganan, hingga melayani kebutuhan informasi terkait layanan dan program KAI. Hal ini ditujukan agar KAI dapat memberikan Costumer Experience saat menggunakan transportasi kereta api. 

"KAI Daop 8 Surabaya terus berusaha untuk menciptakan Costumer Experience bagi pelanggan KA Gajayana dan berharap KA Gajayana bisa terus beroperasi dalam melayani masyarakat dari Kota Malang dan sekitarnya menuju ke kota Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon hingga Jakarta ," ucapnya.(*) 

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.