https://malang.times.co.id/
Berita

Warga Dua Kecamatan Alami Kekeringan, Polres Malang Salurkan Air Bersih

Senin, 09 September 2024 - 19:56
Warga Dua Kecamatan Alami Kekeringan, Polres Malang Salurkan Air Bersih Personel polisi tampak sibuk memindahkan air bersih dari tangki truk, saat penyaluran air bersih di daerah terdampak kekeringan air, di wilayah Kecamatan Donomulyo dan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Senin (9/9/2024). (Humas Polres)

TIMES MALANG, MALANG – Pada Senin, (9/9/2024), aparat Kepolisian Resor (Polres) Malang menyalurkan bantuan air bersih ke dua wilayah desa di Kecamatan Donomulyo dan Sumbermanjingwetan, Kabupaten Malang. Langkah ini merupakan respons terhadap krisis air yang dialami warga di beberapa bagian Kabupaten Malang akibat kekeringan yang berkepanjangan.

Kasihumas Polres Malang, AKP Ponsen Dadang Martianto, menjelaskan, “Hari ini, kami menyalurkan bantuan air bersih ke dua kecamatan, di Donomulyo dan Sumbermanjing Wetan. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, terutama di musim kemarau.”

Penyaluran air bersih dilakukan menggunakan truk tangki berkapasitas 5.000 liter milik Polres Malang. Selain itu, Polres Malang juga berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, yang turut mendistribusikan air bersih dengan tangki air berkapasitas serupa.

AKP Dadang menyebutkan, bantuan air bersih difokuskan di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, khususnya di Desa Sumberagung. Di desa ini, sekitar 529 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 12 RT sangat memerlukan pasokan air. Sedangkan di Kecamatan Donomulyo, bantuan difokuskan di Desa Sumberoto, yang menyuplai kebutuhan sekitar 52 KK.

"Penyaluran air bersih ini akan terus dilakukan setiap hari, hingga kebutuhan air masyarakat tercukupi secara alami," tambah AKP Dadang.

Kolaborasi antara pemerintah dan kepolisian diharapkan dapat mengatasi masalah kekeringan yang melanda warga dengan lebih efektif. "Kami berharap kegiatan ini bisa memperkuat rasa gotong royong di tengah kehidupan sosial. Semoga bantuan air bersih ini dapat meringankan beban warga terdampak kekeringan akibat kemarau panjang," imbuhnya.

Warga Desa Sumberagung menyambut dengan antusias bantuan yang diberikan oleh Polres Malang, BPBD, dan Perumda Tirta Kanjuruhan. Mereka memberikan apresiasi atas upaya tersebut yang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan air bersih selama krisis air.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan warga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik dan krisis air di Kabupaten Malang dapat teratasi secepatnya.(*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.