Gaya Hidup

Pemula Wajib Tahu, Ini 10 Urutan saat Menggunakan Make Up

Minggu, 18 Februari 2024 - 04:24
Pemula Wajib Tahu, Ini 10 Urutan saat Menggunakan Make Up Urutan make up untuk pemula. (Foto: Freepik)

TIMES MALANG, JAKARTA – Mengaplikasikan make up tidak boleh asal-asalan, lho TIMES Lover. Cara yang benar membuat hasil make up lebih sempurna. Seperti apa urutan make up yang benar untuk pemula?

Dilansir dari maybelline.co.id, sebelum memperhatikan urutan make up, sebaiknya TIMES Lovers mempersiapkan produk make up yang cocok dengan kondisi kulit. Selain itu, sebelum mulai merias wajah, kamu disarankan untuk mengaplikasikan produk-produk skincare terlebih dahulu supaya kulit bersih dan lembap. Beri jeda waktu sekitar 5-10 menit agar produk-produk skincare yang kamu aplikasikan bisa meresap atau set di kulit wajah, baru mulai merias wajah.  

10 Urutan make Up untuk Pemula

TIMES Lovers, berikut ini adalah urutan pengaplikasian make up agar hasil riasan lebih sempurna. Yuk, ikuti langkah-langkahnya.

1. Primer

Banyak yang melewati urutan pakai make up ini karena merasa tidak perlu pakai primer. Padahal, primer dapat membuat tekstur wajahmu menjadi halus dan menyamarkan tampilan pori-pori yang besar. Kulit wajahmu jadi kanvas yang sempurna untuk aplikasi make up.

2. Foundation

Aplikasikan foundation sedikit dahulu secara merata di seluruh wajah, baru tambahkan layer baru jika dirasa masih kurang. Ini akan mencegah foundation menjadi cakey karena kebanyakan. Gunakan spons atau kuas foundation untuk aplikasinya; ratakan produk dengan cara ditepuk-tepuk (jangan diseret) dengan sedikit ditekan agar dapat menempel dengan baik.

3. Concealer

Jika ada noda di kulit wajahmu, misalnya karena sedang berjerawat, ada noda bekas jerawat, atau masalah mata panda, maka step make up yang benar selanjutnya adalah aplikasi concealer. Bubuhkan concealer secukupnya hanya di area yang bermasalah, lalu baurkan dengan spons atau kuas.

4. Bedak

Urutan make up yang benar selanjutnya untuk complexion adalah mengunci foundation dan concealer agar tidak bergeser dengan aplikasi bedak. Manfaat lain pemakaian bedak adalah membantu menyerap minyak berlebih di wajah, terutama di area T (dahi, hidung, dan dagu). Kamu bisa gunakan bedak tabur atau bedak padat dan bubuhkan tipis-tipis di seluruh wajah menggunakan kuas bedak.

5. Eyeliner

Untuk pemula, produk eyeliner yang paling disarankan adalah eyeliner pensil karena lebih mudah dipakai dan dapat dihapus dengan cepat jika aplikasinya berantakan. Sebaiknya hindari dulu ingin membuat winged atau cat eyeliner karena tergolong sulit untuk pemula, cukup classic eyeliner saja untuk membingkai mata di bagian atas.

6. Maskara

Untuk sehari-hari, kamu bisa pilih maskara yang dapat membantu bulu matamu tampak lebih panjang, lentik, atau lebat. Tips make up agar bulu mata tetap terlihat natural, kamu cukup pulaskan satu kali saja saat aplikasi maskara. Jepit dulu bulu mata sebelum aplikasi maskara selama 20 detik agar bulu mata lentik maksimal.

7. Pensil Alis

Agar praktis, kamu bisa pilih pensil alis mekanik karena tak perlu diraut dan dilengkapi spoolie untuk membantu membaurkan saat aplikasi. Gunakan pensil alis untuk membentuk dan mengisi bagian tengah ke belakang alis, sementara bagian depan cukup diberi detail dengan membuat goresan seperti bulu alis lalu dibaurkan.

8. Blush On

Produk make up ini dapat membantu wajahmu terlihat segar merona. Karena itu, untuk urutan make up yang benar selanjutnya, aplikasikan blush on di sepanjang tulang pipi ke arah pelipis, lalu baurkan memakai kuas besar agar terlihat natural.

9. Pewarna Bibir

Dari pipi, urutan make up yang benar berlanjut ke bibir. Kalau ingin tampil trendi dengan bibir yang glossy dan plumpy, kamu bisa pilih tinted lip gloss, lip tint, atau lip vinyl. Semua produk ini berbentuk cair, karena itu kamu harus belajar mengaplikasikannya dengan rapi di dalam garis bibir.

10. Setting Spray

Urutan make up yang benar terakhir adalah menyemprotkan setting spray untuk mengunci keseluruhan hasil aplikasi make up agar tidak bergeser dan tahan lama, serta wajah tidak berminyak. Semprotkan setting spray dari jarak 20-25 cm di depan wajah. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.