https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Prodi PII UIN Maliki Malang Adakan Kuliah Tamu Bahas Pustakawan Era 4.0

Senin, 19 April 2021 - 20:09
Prodi PII UIN Maliki Malang Adakan Kuliah Tamu Bahas Pustakawan Era 4.0 Kuliah tamu yang digelar PII UIN Maliki Malang. (Foto: Tangkapan Layar)

TIMES MALANG, MALANG – Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi (Prodi PII) Fakultas Sains dan Teknologi (Fakultas Saintek) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) mengadakan kuliah tamu dengan mengusung tema Perpustakaan dan Ilmu Informasi dalam Bingkai Filsafat Kepustakawanan dan Kajian Kebijakan Kepemimpinan di Era Revolusi Industri 4.0.

Kuliah tamu tersebut digelar Senin (19/4/2021) pukul 12.30 sampai 15.00 WIB. Kuliah tamu tersebut mengundang dua narasumber hebat yaitu Blasius Sudarsono, MLS (Pembelajar pada Kappa Sigma Kappa Indonesia) dan Dr. H. Moch. Fauzie Said, M.Si. (Dosen Ilmu Politik UB, Pakar Politik dan Kebijakan Publik, Asesor BAN-PT, Ketua IABI Jatim).

Moch Fauzie Said menyampaikan pustakawan dan tenaga pelayanan informasi merupakan kunci keberhasilan penyelenggaraan perpustakaan dan lembaga informasi dan citra pengelolaan pelayanan masyarakat yang masih dinilai buruk. Serta, perlunya peningkatan monev terhadap pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada user. Dari sisi pengguna layanan publik, citizen’s chartera mempunyai manfaat untuk memberikan jaminan bahwa pelayanan publik akan menjadi lebih responsif, transparan, dan akuntabel. 

"Sehingga dapat memberikan kemudahan untuk mengakses informasi pelayanan publik dan melakukan kontrol terhadap penyelenggaraan pelayanan publik," jelasnya.

Blasius Sudarsono menerangkan, kewajiban dan tanggung jawab moral yaitu bekerja dan menerima nafkah dari bidang kepustakawan. Di dalam masalah keilmuan, ada kebenaran dan perbedaan tentang Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Dokumentasi. 

Selain itu, di dalamnya juga terdapat Pusat Dokumentasi Ilmiah Nasional (PDIN) yangmenjalankan fungsi dokumentasi pada Pusat Bibliografi, yang didukung fungsi perpustakaan pada Pusat Perpustakaa dan logikanya harus ada teori dasar yang dapat menjelaskan semua praktik terkait dokumentasi dan perpustakaan.

"Tugas awal di PDIN ditempatkan pada Pusat Perpustakakan, sehingga fokus belajar ilmu perpustakaan dan kepustakawanan," jelas Blasius Sudarsono, salah satu narasumber kuliah tamu yang digelar oleh Prodi PII UIN Maliki Malang. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.