https://malang.times.co.id/
Berita

CEK FAKTA: Hoaks! Video Gibran Rakabuming Raka Sedang Make Up

Rabu, 25 September 2024 - 21:34
CEK FAKTA: Hoaks! Video Gibran Rakabuming Raka Sedang Make Up Hoax Gibran Rakabuming Raka sedang dimake up.

TIMES MALANG, JAKARTA – Beredar sebuah video tentang pria mirip Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka sedang di-make up oleh seorang wanita. Dalam video tersebut, Gibran terlihat memakai baju perempuan berwarna pink dan bando berwarna hitam. Di depannya, ada seorang wanita yang sedang memegang brush dan memberikan make-up kepadanya.

Dalam video berdurasi 1.07 detik yang tersebar di berbagai aplikasi media sosial dan grup Whatsapp itu, video disertai dengan narasi "Ampun dhe punya wakil kaya gini...hancur...????????????,".

CEKFAKTA-7.jpg

Benarkah informasi tersebut?

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video tentang pria mirip Gibran Rakabuming Raka yang sedang di-make up itu tidaklah benar atau hoaks. Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia menggunakan Google lens, ditemukan bahwa video seorang pria mirip gibran yang sedang di-make up itu sebenarnya adalah video yang dibuat oleh seorang konten kreator tiktok @istrinyabaharuddin2. Dalam kontenya, pria paruh baya itu memang kerap kali berpakaian dan bergaya layaknya seorang wanita, dan memparodikan aktivitas wanita sehari-hari.

CEKFAKTA-8.jpgPemilik video asli pria yang sedang di make up. (Sumber: https://www.tiktok.com/@istrinyabaharuddin2/video/7407408641889848582)

Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan konten aslinya  sebelum diedit wajahnya dengan wajah Gibran Rakabuming Raka (https://vt.tiktok.com/ZS2qYr3fC/). Sehingga dapat disimpulkan, ada pihak yang mengedit video tersebut dengan cara mengganti wajah konten kreator tersebut dengan wajah Gibran Rakabuming Raka.

Kesimpulan

Video yang dinarasikan sebagai Gibran Rakabuming Raka yang sedang di-make up oleh seorang wanita merupakan konten yang menyesatkan atau misleading content. Faktanya, video tersebut adalah milik seorang konten kreator Tik Tok yang sedang membuat konten tentang ketika dia sedang di-make up oleh orang lain. Ada yang mengedit wajah pria tersebut dengan wajah Gibran Rakabuming Raka.

Tentang Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan sejumlah media dan komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim Cek Fakta TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected]. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.