https://malang.times.co.id/
Berita

Bantah Pohon Tumbang Akibat Pemotongan PJU, DPUPRPKP Kota Malang: Akarnya Lapuk dan Angin Kencang

Jumat, 25 Oktober 2024 - 15:19
Bantah Pohon Tumbang Akibat Pemotongan PJU, DPUPRPKP Kota Malang: Akarnya Lapuk dan Angin Kencang Pemulihan PJU dan pemotongan pohon besar yang tumbang menimpa warung di Jalan Kyai Tamin, dekat pintu masuk Stasiun Baru Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kota Malang membantah adanya kelalaian tim Penerangan Jalan Umum (PJU), yang memotong cabang pohon hingga mengakibatkan pohon besar dengan tinggi sekitar 10 meter tumbang.

Pohon tumbang tersebut menimpa warung di area dekat pintu masuk Stasiun Malang, Jumat (25/10/2024) siang tadi.

Kepala Dinas PUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulhardjanto mengatakan, tim PJU melakukan pemotongan cabang pohon untuk memaksimalkan fungsi PJU.

Ia juga mengaku, dalam pelaksanaan pemotongan sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

"Tadi teman teman PJU untuk memaksimalkan fungsi, kita lakukan perempesan (pemotongan cabang pohon). Kita koordinasi dengan DLH untuk penanganan penebangan," ujar Dandung, Jumat (25/10/2024).

Pohon besar jenis trembesi itu bisa ditumbang dan mengenai warung, lanjut Dandung, karena memang akar pohon tersebut sudah lapuk dan tua. Ditambah lagi, saat melakukan pemotongan, kondisi angin sedang kencang-kencangnya.

"Saat itu kami identifikasi, akar pohon sudah lapuk tua. Ternyata gak kuat juga, karena angin kencang," ungkapnya.

Akibat peristiwa itu, pihak Dinas PUPRPKP Kota Malang sudah mengkomunikasikan kepada DLH Kota Malang untuk melakukan proses klaim asuransi atau ganti rugi bagi yang terdampak pohon tumbang tersebut. Untuk besarannya, Dandung masih belum bisa merinci karena proses masih berlangsung.

"Ini sekarang teman teman PU dan DLH diinformasikan dari DLH memproses klaim asuransi yang terdampak," tuturnya.

Sekali lagi ditegaskan oleh Dandung, dimana tumbangnya pohon besar tersebut hingga menimpa warung milik warga, bukan karena kelalaian dari tim PJU Dinas PUPRPKP Kota Malang.

"Intinya bukan kelalaian teman teman PUPR. Akar sendiri yang sudah lapuk dan angin kencang," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pohon trembesi setinggi kurang lebih 10 meter dengan diameter sekitar 1 meter tersebut tumbang menimpa kendaraan hingga atap warung milik warga di Jalan Kyai Tamin tepatnya di sebelah pintu masuk Stasiun Baru Kota Malang.

Pohon tersebut tumbang, mulanya diduga akibat pemotongan cabang pohon oleh tim PJU.

Setelah dilakukan pemotongan PJU pada satu sisi, berselang sekitar beberapa jam, pohon tersebut pun tumbang dan menimpa warung makan.(*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.