https://malang.times.co.id/
Berita

Ada 88 Kasus Mpox Terjadi di Indonesia, Menkes RI: Semua Pasien Sembuh

Selasa, 27 Agustus 2024 - 14:30
Ada 88 Kasus Mpox Terjadi di Indonesia, Menkes RI: Semua Pasien Sembuh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan terkait Mpox di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (27/8/2024). (FOTO: ANTARA/Andi Firdaus/aa.)

TIMES MALANG, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI (Menkes RIBudi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Indonesia telah mencatat total 88 kasus Mpox sejak 2022, dengan semua pasien berhasil sembuh sepenuhnya.

Dari jumlah tersebut, 73 kasus terjadi pada tahun 2023, sementara 14 kasus dilaporkan pada 2024. Semua kasus ini berasal dari varian clade 2B, yang telah dikonfirmasi melalui proses genome sequencing. 

"Sejak status Public Health Emergency of International Concern diumumkan oleh WHO pada 2022, Indonesia telah melaporkan total 88 kasus Mpox," kata Menkes RI di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Meski Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali menaikkan status Mpox menjadi pandemi pada Agustus 2024, Indonesia tetap mampu mengendalikan situasi, dengan seluruh kasus suspek terbaru terbukti negatif melalui tes PCR.

Menkes RI mengungkap bahwa keberhasilan dalam menangani kasus Mpox menjadi bukti kesiapan sistem kesehatan nasional dalam menghadapi penyakit menular. Dengan fasilitas laboratorium yang mumpuni, seperti PCR dan genome sequencing, Indonesia mampu mendeteksi dan menangani semua kasus dengan cepat dan akurat. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.