https://malang.times.co.id/
Berita

Polbangtan Malang Terima Kunjungan Kementerian Dikti Timor Leste, Bahas Pengembangan SDM Pertanian

Jumat, 04 Oktober 2024 - 07:44
Polbangtan Malang Terima Kunjungan Kementerian Dikti Timor Leste, Bahas Pengembangan SDM Pertanian Polbangtan Malang menerima kunjungan Kementerian Pendidikan Tinggi Timor Leste, Kamis (3/10/2024). (FOTO: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) salah satu Unit Pelaksana Teknis Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) menjadi tempat rujukan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Budaya Timor Leste, Kamis (3/10/2024).

Pertemuan yang berlangsung di Kampus I Polbangtan Malang ini bertujuan untuk mendiskusikan rencana kolaborasi dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sektor pertanian.

Polbangtan-Malang-2.jpg

Hal itu sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman yang selalu menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam pembangunan pertanian.

Mentan menyoroti pentingnya peran pelatihan untuk mempersiapkan SDM Pertanian dalam menghadapi tantangan di sektor pertanian dan peternakan.

Kunjungan Delegasi Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Budaya Timor Leste menunjukkan jika kualitas Polbangtan Malang semakin diakui dunia internasional.

Polbangtan-Malang-3.jpg

Delegasi Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Budaya Timor Leste dipimpin oleh Fausto Freitas da Silva sebagai Komisaris Badan Kepegawaian Negara-Timor Leste, dan dihadiri oleh Mafaldo Lopes Victor sebagai Koordinator Hukum MESCC, Belarmino Filomena Neves sebagai Profesional Senior-SKFP, Lorenca Olandina da Silva sebagai Kepala Penelitian INAP. Kunjungan ini diterima langsung oleh Direktur dan Wakil Direktur Polbangtan Malang, serta Kepala Kelompok Akademik, Alumni, dan Kemahasiswaan.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas berbagai potensi kolaborasi untuk meningkatkan kapasitas SDM di Timor Leste, terutama dalam bidang pertanian. 

“Tujuan kami datang ke sini adalah untuk membicarakan kemungkinan pengiriman pegawai Timor Leste untuk mendapatkan pelatihan dan pengetahuan di bidang pertanian,” ujar Belarmino Filomena Neves. Ia menambahkan bahwa kolaborasi ini merupakan langkah awal dalam mendukung pembangunan nasional Timor Leste yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan SDM.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana menyampaikan apresiasinya terhadap kunjungan Delegasi Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Budaya Timor Leste. 

"Kami merasa terhormat dapat menjadi mitra dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor pertanian untuk Timor Leste. Polbangtan Malang siap berbagi pengalaman dan keahlian dalam pendidikan pertanian yang berbasis praktik, yang diharapkan dapat mendukung peningkatan kapasitas SDM dan pembangunan pertanian di Timor Leste," ujar Direktur Polbangtan Malang.

Pada kesempatan yang sama, Delegasi Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Budaya Timor Leste juga berkesempatan mengelilingi Kampus I Polbangtan Malang. Mereka bertemu dan berinteraksi langsung dengan mahasiswa yang sedang melakukan praktik di laboratorium alat dan mesin pertanian (alsintan).

Delegasi terlihat antusias melihat bagaimana mahasiswa Polbangtan Malang menguasai penggunaan teknologi pertanian secara langsung, yang menjadi bagian dari pendekatan pendidikan berbasis praktik di kampus ini. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.