https://malang.times.co.id/
Berita

Lawatan ke India, Rektor Unisma Perkuat Kerja Sama dengan Jawaharlal Nehru University

Jumat, 04 Oktober 2024 - 12:24
Lawatan ke India, Rektor Unisma Perkuat Kerja Sama dengan Jawaharlal Nehru University Rektor Unisma Prof Junaidi bersama dengan perwakilan Jawaharlal Nehru University (JNU) di India, Jumat (4/10/2024). (FOTO: Humas Unisma for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D., melakukan kunjungan kerja luar negeri pertamanya ke India, untuk mempererat hubungan bilateral dalam bidang pendidikan dengan berbagai institusi terkemuka di sana.

Salah satu agenda utama kunjungan ini adalah pertemuan dengan perwakilan Jawaharlal Nehru University (JNU), universitas riset terkemuka di India yang dikenal atas keunggulan dalam berbagai bidang akademik, termasuk studi internasional dan hubungan diplomatiknya tersebut menjadi tujuan pertamanya di New Delhi.

Dari pertemuan tersebut, Unisma dan JNU India sepakat untuk melakukan penandatanganan MoU yang terkait dengan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dalam pertemuan dengan pimpinan JNU, kedua belah pihak membahas potensi kerja sama di berbagai bidang akademik dengan Prof. Kumaraswamy, selaku international Collaboration Director dari JNU dan  Prof. Shankari Sundararamam dari Centre of Indo-Pacific Studies yang fasih berbahasa Indonesia. 

Pertemuan ini juga membahas kemungkinan adanya pertukaran mahasiswa dan dosen, serta program riset bersama.

Prof. Junaidi menekankan pentingnya membangun hubungan yang kuat antara Unisma dan JNU untuk mengembangkan pendidikan yang mampu bersaing di kancah global, karena sesuai dengan milestone Unisma yang bergerak menuju world class university.

“Kunjungan ini adalah langkah strategis untuk memperluas jaringan internasional Unisma . Kami melihat banyak potensi kerja sama dengan JNU yang bisa menguntungkan kedua belah pihak, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas wawasan mahasiswa kami di kancah global,” ujar Prof. Junaidi, Jumat (4/10/2024).

Selain pertemuan dengan JNU, Rektor Unisma juga bertemu dengan Duta Besar Republik Indonesia di New Delhi, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi. Dalam pertemuan tersebut dibahas upaya untuk memperkuat hubungan Indonesia-India melalui jalur pendidikan, serta mendukung mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di India.

Pertemuan itu membuka peluang untuk mahasiswa dari India belajar di Unisma, terutama tentang pembelajaran Bahasa Indonesia serta pengenalan budaya Indonesia. Dubes yang pernah mampir ke Unisma ini, menyambut baik inisiatif ini dan menegaskan pentingnya peran institusi pendidikan dalam mempererat hubungan kedua negara.

“India merupakan salah satu mitra strategis Indonesia di bidang pendidikan, dan kami melihat peran penting UNISMA dalam mengembangkan jejaring kerja sama ini,” ujar Dubes RI di New Delhi.

Kunjungan ke India ini merupakan bagian dari upaya UNISMA dalam memperkuat jejaring globalnya serta menciptakan program-program pendidikan yang lebih inklusif dan berorientasi pada masa depan.

Kunjungan ini diharapkan akan menjadi pintu masuk bagi kolaborasi yang lebih luas antara Indonesia dan India di masa depan, terutama dalam hal pendidikan tinggi yang berbasis pada nilai-nilai universal Islam dan inovasi.

Rektor Unisma, yang didampingi oleh Ketua Pusat International Collaboration and Development Affairs, Sonny Elfiyanto, M.Pd., Ph.D.  juga menyatakan komitmennya untuk terus menjalin kemitraan dengan universitas-universitas internasional lainnya demi meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan Unisma. (d)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.