https://malang.times.co.id/
Berita

Wakil Duta Besar Jepang Lakukan Kunjungan Kehormatan ke UB

Jumat, 30 Agustus 2024 - 15:05
Wakil Duta Besar Jepang Lakukan Kunjungan Kehormatan ke UB Wakil Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia (RI), Nagai Katsuro saat berada di FIB UB, Kamis (29/8/2024). (Foto: Humas FIB UB)

TIMES MALANG, MALANG – Wakil Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia (RI), Nagai Katsuro, melakukan kunjungan kehormatan Universitas Brawijaya (UB) pada Kamis (29/8/2024). Dia datang didampingi oleh Konsulat Muda Jepang, Nakagome Kota.

Saat tiba di UB, dia disambut langsung oleh Rektor UB, Prof. Widodo Mereka diajak untuk berkunjung ke Satellite Office Shinshu University di International Academic Affairs (IAA) UB dan ke Perpustakaan UB untuk melihat Omikoshi, dan dilanjutkan ke  ke Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UB.

Pada kesempatan ini, Rektor UB menjelaskan bahwa UB memiliki kerja sama dalam berbagai bidang dengan instansi maupun universitas di Jepang.

FIB-UB-B.jpg

"Diantaranya terdapat kerja sama dengan 72 institusi Jepang dan sebanyak 117 MoU atau MoA yang telah disepakati sejak tahun 2011. Selain itu, juga terdapat 389 makalah, dan 2078 sitasi yang telah terpublikasi mulai tahun 2019 hingga 2024," terangnya.

Tidak lupa, Prof. Widodo juga memperkenalkan dan mengajak tamu mencicipi produk-produk UB, diantaranya Porang, Indonesia Konyaku Jelly drink dan air mineral, UB Fresh, sekaligus membahas tentang isu-isu SDGs.

Pada kunjungan ini, Nagai Katsuro ingin memperkenalkan diri serta berbincang dengan tenaga pengajar khususnya Program Studi Sastra Jepang dan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FIB UB, terkait perkembangan Bahasa Jepang, khususnya di bidang Pendidikan.

FIB-UB-C.jpg

“Saya senang bisa datang ke sini. Saya memiliki kesempatan untuk ke Surabaya kemarin, dan saya sempatkan mampir ke Malang untuk mengunjungi UB, karena UB merupakan salah satu universitas terbaik dengan hubungan kerja sama yang baik dengan Jepang,” kata Nagai Katsuro.

Dia menyebut bahwa pembelajaran Bahasa Jepang di FIB UB merupakan yang terbaik di Indonesia.

"Jadi saya senang dapat berkunjung ke FIB UB. Kami berada di sini untuk dapat memfasilitasi kerja sama dengan instansi, perusahaan, maupun universitas di Jepang,” lanjutnya.

Sejak tahun 2026, rata-rata 1/3 mahasiswa Indonesia yang lolos seleksi Monbukagakusho merupakan mahasiswa FIB UB. FIB UB juga merupakan salah satu test center JLPT di Indonesia. Selain itu, FIB UB adalah satu-satunya penerima hibah Omikoshi di Indonesia.

“Untuk pertama kalinya, sekarang di Indonesia kita memiliki Omikoshi dan berada di kampus UB. Rencananya, Omikoshi ini akan digunakan di festival budaya Jepang berikutnya di FIB UB. Saya akan sangat senang untuk datang dan melihat bagaimana parade Omikoshi ini,” ungkap Nagai Katsuro.

Dekan FIB UB, Hamamah, Ph.D. juga menyambut baik kedatangan Wakil Duta Besar Jepang dan Konsulat Muda Jepang untuk RI di FIB UB.

“Suatu kehormatan bagi kami dapat menyambut kehadiran Bapak Wakil Duta Besar Jepang dan Bapak Konsulat Muda Jepang di Indonesia. Kami sampaikan banyak terima kasih atas semua dukungan selama ini untuk pembelajaran Bahasa Jepang di FIB UB. Kami telah memiliki banyak kerja sama dengan universitas-universitas di Jepang. Bahkan kami juga memiliki beberapa native speakers,” kata Hamamah.

Acara di FIB UB meliputi pengenalan dosen, native speakers, ketua program studi, pengenalan tentang masing-masin program studi, penjelasan tentang akreditasi, sertifikasi, mahasiswa, kompetensi, kerja sama, hingga program-program pertukaran mahasiswa, magang, dan Nihongo Patona.

“Saya terkesan dengan kualitas dan semangat para dosen dan mahasiswa di UB terhadap Bahasa Jepang, Sastra Jepang, maupun Pembelajaran Bahasa Jepang,” ucap Nagai Katsuro.

“Kami akan melihat kesempatan-kesempatan untuk menjalim kerja sama dengan UB terutama pemanfaatan lulusan Bahasa Jepang FIB UB,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.