https://malang.times.co.id/
Berita

Pemkab Malang Dorong Inovasi Digital Melalui Satgas SMART PPA untuk Perlindungan Perempuan dan Anak

Senin, 09 September 2024 - 18:49
Pemkab Malang Dorong Inovasi Digital Melalui Satgas SMART PPA untuk Perlindungan Perempuan dan Anak Workshop Satgas SMART PPA, dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Malang, Rachmat Hardijono, program Kepala DP3A Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo, (9/9/2024). (Foto: Siti/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Inovasi program berbasis digital tengah dipersiapkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang. Yakni, membentuk Satgas SMART PPA dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence). 

Program SMART PPA ini singkatan dari Strategi Kemitraan Lintas Sektor dan Pemanfaatan AI, sebagai upaya perlindungan perempuan dan anak.  Satgas SMART PPA ini dipromosikan dalam acara workshop yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Malang, Rachmat Hardijono, oleh Kepala DP3A Kabupaten Malang, drg. Arbani Mukti Wibowo, di Ruang Anusapati Lt. 2 Setda Kabupaten Malang, Senin (9/9/2024). 

"Alhamdulillah, mewakili pak Pj. Sekda, Saya sangat mendukung, menyusul persoalan sosial kemasyarakaran kita sangat rumit, kompleks, dan mengkhawatirkan. Khususnya, bagi masa depan anak-anak kita sekaligus bangsa ini kedepan," kata Rachmat Hardijono, kepada TIMES Indonesia, Senin (9/9/2024) sore. 

Masalah sosial yang dimaksudkannya, utamanya seperti kekerasan yang dialami anak.

Pada tahun 2023 lalu, tercatat ada 95 kasus kekerasan terjadi pada anak, dengan korban sejumlah 121 anak.  Dengan terobosan ini, lanjut Rachmat, memang tidak bisa menuntaskan permasalahan yang banyak dibahas di acara workshop tadi. 

Akan tetapi, pihak DP3A sudah berusaha memulai upaya pencegahan dan penanganan melalui program Satgas SMART PPA, agar kasus-kasus yang dialami perempuan dan anak tidak membesar atau semakin parah. 

Dalam workshop ini, juga diundang perwakilan stakeholder yang ada keterkaitan dengan anak. Diantaranya, Dinas Pendidikan, Pengadilan Agama Kabupaten, Kemenag Kabupaten Malang, juga praktisi dari Fakultas Psikologi dari beberapa Perguruan tinggi. 

Selain itu, hadir dan ikut pula dalam diskusi, partisipan mitra DP3A Kabupaten Malang yang merupakan pegiat dari sejumlah lembaga pemerhati perempuan dan perlindungan anak. Diantaranya, Forum PUSPA, LSM Rumah Perempuan, LSM Alit, LKPK Jatim, KOPPATARA, Women Crisis Center, dan Forum Anak Kabupaten Malang. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.