https://malang.times.co.id/
Berita

Autism Summit Pertama di Indonesia Digelar di Malang, Diikuti Ribuan Peserta

Kamis, 03 Oktober 2024 - 14:50
Autism Summit Pertama di Indonesia Digelar di Malang, Diikuti Ribuan Peserta Pembukaan gelaran Malang Autism Summit 2024 (MAS24) di gedung Malang Creative Center (MCC). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANGMalang Autism Summit 2024 (MAS 24) sebagai kegiatan autisme berskala internasional pertama di Indonesia resmi dibuka. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Malang Creative Center (MCC), Kota Malang mulai, Kamis (3/10/2024). Kegiatan ini juga diikuti oleh ribuan peserta dari Kota Malang, maupun daerah lain.

Penggagas Autism Summit, Clinical Director Penawar Special Learning Centre Malaysia, Dr. Ruwinah Abdul Karim mengatakan, perlu adanya peran penting orang tua dan guru dalam memberi perhatian kepada anak-anak yang mengalami autisme.

"Mereka hanya meminta cinta dan penerimaan, namun seringkali dunia memberi sedikit dari yang pantas mereka dapatkan. Bayangkan seorang anak yang menggenggam erat tangan ibunya dengan penuh kepercayaan," ujar Ruwinah, Kamis (3/10/2024).

Malang-Autism-Summit-2.jpg

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, suasana haru begitu kental terasa. Dimana, saat itu Ruwinah mengajak para peserta untuk berdiri sebagai simbol dukungan kepada anak yang mengalami autisme. Kemudian, Panitia MAS 24 bersama perwakilan anak spesial yang hadir maju dan naik ke atas panggung sebagai bentuk dukungan. Anak-anak tersebut membawa balon sebagai simbol harapan.

Isak tangis haru pun nampak di wajah para peserta yang merasa tersentuh oleh kata-kata motivasi dari Ruwinah dan juga semangat yang ditunjukkan oleh anak-anak autis yang tetap berusaha menjadi lebih baik di tengah keterbatasan yang mereka alami.

"Meski kata kata tak mampu terucap,  dunia di hati mereka begitu luas dan indah. Meski dunia belum sepenuhnya memahami mereka, kita disini memastikan bahwa mereka tidak akan berjalan sendirian," ungkapnya.

Sementara Perwakilan Pemkot Malang, yakni Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, memberi apresiasi atas terselenggaranya Malang Autism Summit 2024 yang pertama kalinya diadakan di Kota Malang.

Ia berharap adanya kegiatan Malang Autism Summit 2024 ini dapat memberi dampak positif kepada orang tua dan juga guru untuk bersama-sama melakukan perubahan dalam mendukung anak-anak berkebutuhan khusus.

"Ini momentum penting bagi kita semua untuk bersama-sama melakukan perubahan yang menentukan melalui tindakan positif. Kolaborasi yang dihadirkan oleh forum ini sangat penting dan sangat positif. Sebagai orang tua memiliki kewajiban mengantar anak untuk mengikuti pendidikan sebaik mungkin," ucapnya.

Sebagai informasi, kegiatan Malang Autism Summit 2024 ini berlangsung dari tanggal 3 Oktober sampai dengan 5 Oktober 2024 dengan rangkaian kegiatan edukasi dan layanan terapi bagi anak autis. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.