https://malang.times.co.id/
Berita

Selangkah Lagi Kota Malang Masuk Kota Kreatif Dunia

Jumat, 11 Oktober 2024 - 12:46
Selangkah Lagi Kota Malang Masuk Kota Kreatif Dunia Tim Panselnas saat berkunjung langsung ke Kota Malang. (Foto: Prokopim Setda Kota Malang/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Langkah Kota Malang menuju Kota Kreatif Dunia makin dekat. Hal ini setelah Kota Malang diumumkan lolos seleksi Nasional Tahap Akhir Pengusulan Nominasi Anggota Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UCCN) Tahun 2025. Pengumuman ini berdasarkan surat Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Nomor B/SD/1722/DI.01.00/D.3.3/2024.

Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan mengapresiasi hasil capaian ini. Menurutnya, capaian ini tak lepas dari upaya serta kerja keras seluruh pihak.

"Alhamdulilah rasa syukur dan apresiasi luar biasa saya sampaikan atas kerja keras semua pihak. Sehingga, Kota Malang terpilih sebagai Wakil Indonesia masuk nominasi Kota Kreatif Dunia UNESCO," ujar Iwan, Jumat (11/10/2024).

Tim-Panselnas-2.jpg

Ia mengungkapkan, keberhasilan ini merupakan amanah yang besar diemban oleh Kota Malang. Oleh sebab itu, Iwan menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi kuat dari berbagai pihak, termasuk menyiapkan segala hal jelang penilaian yang dilakukan UNESCO di tahun 2025 mendatang.

"Ini amanah besar untuk mengharumkan nama Indonesia yang membutuhkan komitmen bersama. Dan saya optimis kita mampu," ungkapnya.

Ia menyampaikan, lolosnya Kota Malang dalam seleksi UCCN tingkat nasional ini, merupakan langkah awal menuju kelas dunia di tahun 2025 mendatang.

"Daya saing SDM, ekosistem yang semakin baik, termasuk dukungan Malang Creative Center (MCC) serta kolaborasi seluruh pihak, menjadi kekuatan yang akan dibawah oleh Kota Malang sebagai praktik terbaik dengan amanah sebagai Kota Kreatif Dunia," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Jumat (27/9/2024) lalu, Kota Malang dikunjungi oleh tim Kemenparekraf RI dan Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Kunjungan ini untuk memantau dan melihat langsung apa yang sudah dipresentasikan oleh tim dari Pemkot Malang saat di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tim Panselnas saat tiba di Malang, kala itu melakukan penilaian seleksi empat besar menuju dua besar terpilih.

Mereka selain berkunjung ke MCC, juga berkeliling mengunjungi lokasi lain, yakni Kayutangan Heritage, City Tour ke Candi Badut, Monumen Pahlawan Trip, Ijen, Alun-alun, Kampung Warna-Warni Jodipan hingga ke Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK). (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.