https://malang.times.co.id/
Berita

Apel Hari Santri Nasional 2024, Menag Nasaruddin: Terima Kasih Santri

Selasa, 22 Oktober 2024 - 15:25
Apel Hari Santri Nasional 2024, Menag Nasaruddin: Terima Kasih Santri Menag Nasaruddin Umar dalam Apel Peringatan Hari Santri Nasional 2024. (FOTO: dok. Kemenag)

TIMES MALANG, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) RI Nasaruddin Umar menyebut bahwa bangsa Indonesia harus berterima kasih kepada para santri atas kemerdekaan yang diraih. Hal tersebut disampaikan saat Apel Hari Santri Nasional 2024 (HSN 2024).

"Kewajiban kita adalah mempertahankan setiap jengkal tanah di NKRI. Jadi bangsa Indonesia harus berterima kasih kepada para santri,” ucap Menag Nasaruddin dalam amanatnya di Apel Hari Santri Nasional 2024 (HSN 2024) di Tugu Proklamasi Jakarta, Selasa (22/10/2024). 

“Karena kecerdasan dan kegigihannya dan juga doanya Indonesia bisa meraih kemenangan dan dideklarasikan sebagai bangsa yang merdeka,” sambung Menag Nasaruddin Umar. 

Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum bagi semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah.

Menag mengatakan, salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari. 

Dalam fatwa Resolusi Jihad itu Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari menyatakan bahwa berperang menolak dan melawan penjajah itu fardlu ‘ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak) bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh.

Sejak Resolusi Jihad dimaklumatkan, lanjut dia, para santri dan masyarakat umum terbakar semangatnya untuk terus berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mereka terus melakukan perlawanan kepada penjajah tanpa rasa takut. Hingga akhirnya, pecah puncak perlawanan masyarakat Indonesia pada tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan. 

"Peristiwa Resolusi Jihad tanggal 22 Oktober 1945 tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa 10 November 1945. Tanpa adanya peristiwa Resolusi Jihad, belum tentu terjadi peristiwa 10 November," tandasnya.

Adapun Hari Santri 2024 ini mengusung tema 'Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan'. Apel Hari Santri 2024 ini diikuti oleh para santri yang datang dari seluruh penjuru Indonesia yang berlangsung mulai sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 WIB. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.