https://malang.times.co.id/
Berita

Korsel Pamer Rudal "Monster" Berhulu Ledak 8 Ton

Rabu, 02 Oktober 2024 - 13:52
Korsel Pamer Rudal "Monster" Berhulu Ledak 8 Ton Presiden Korea Selatan. Yoon Suk Yeol saat  melewati peluncur erektor pengangkut yang membawa rudal balistik Hyunmoo-5. (FOTO: The Korea Times)

TIMES MALANG, JAKARTA – Untuk kali pertama Korea Selatan memamerkan rudal balistik "monster", Hyunmoo-5 berhulu ledak 8 ton pada upacara Hari Angkatan Bersenjata ke 76 di Pangkalan Udara di Seongnam, selatan ibu kota, Seoul, 1 Oktober 2024 kemarin.
   
Presiden Yoon Suk Yeol  berkesempatan mengamati peluncur erektor pengangkut yang membawa rudal balistik Hyunmoo-5 itu.

Hyunmoo-5 adalah rudal terkuat Korea Selatan yang kali pertama dipamerkan di hari Angkatan Bersenjata yang tampaknya untuk memperingatkan ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.

Dua peluncur rudal bergerak yang membawa Hyunmoo-5, bagian utama dari rencana pembalasan Korea Selatan terhadap serangan besar Korea Utara, termasuk di antara peralatan militer yang dipamerkan dalam upacara itu.

Rudal balistik darat-ke-darat, yang dijuluki monster karena ukurannya ini, diselimuti kerahasiaan karena kepentingan strategisnya.

Rudal ini diketahui mampu membawa hulu ledak seberat sekitar 8 ton dan mampu menghancurkan bunker bawah tanah.

Korea Selatan telah mengembangkan serangkaian rudal Hyunmoo, termasuk rudal balistik dan rudal jelajah.

Rudal-2.jpgHelikopter serang Apache melepaskan suar saat mengambil bagian dalam upacara Hari Angkatan Bersenjata Korsel.(FOTO: The Korea Times)

Negara ini sempat memperkenalkan Hyunmoo-4 dalam upacara Hari Angkatan Bersenjata tahun lalu.

Namun, rudal itu hanya bisa membawa muatan sekitar dua ton.

Dalam upacara tahun ini, peluncur erektor transporter berporos 9 merangkak melintasi landasan, masing-masing membawa tabung yang diperkirakan panjangnya sekitar 20 meter, yang tampaknya menampung rudal "berkekuatan dan presisi tinggi" yang diketahui bisa menargetkan mana saja di Korea Utara.

Dalam unjuk kekuatan lainnya, sebuah pesawat pengebom berat B-1B AS terbang di atas pangkalan udara tersebut, bersama dua jet F-15K, sebagai bentuk komitmen keamanan AS terhadap Korea Selatan.

Korea Utara sebelumnya memperingatkan akan mengambil tindakan "yang sesuai" terhadap pengerahan aset strategis AS.

Sekitar 5.000 tentara dan ratusan peralatan militer ambil bagian dalam upacara tersebut, menandai peringatan 76 tahun berdirinya angkatan bersenjata negara ini tahun ini.

Pasukan operasi khusus memamerkan keterampilan infiltrasi mereka saat melompat dari pesawat angkut di atas pangkalan udara.
 
Sementara helikopter serang Apache melepaskan suar dan memperagakan manuver penghindaran saat lagu "Ride of the Valkyries" karya Richard Wagner mengalun di latar belakang.

Militer Korea Selatan juga memamerkan berbagai aset udara, termasuk pesawat tempur KF-21 yang saat ini sedang dikembangkan dan jet siluman F-35A.

Sementara tim aerobatik Black Eagles Angkatan Udara melakukan serangkaian manuver udara.

Upacara tahun ini diadakan saat Korea Utara meningkatkan ketegangan dalam beberapa minggu terakhir menjelang pemilu AS mendatang, dengan mengungkapkan fasilitas pengayaan uraniumnya, meluncurkan rudal balistik, dan menerbangkan balon pembawa sampah melintasi perbatasan.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, acara hari Selasa itu diselenggarakan untuk menunjukkan kemampuannya yang "luar biasa".

Para pejabat mengatakan upacara tahun ini juga memobilisasi lebih banyak lagi jajaran aset yang memerlukan kerja sama operasi berawak dan tak berawak, seperti robot berkaki empat serta kapal selam tak berawak dan kendaraan permukaan.

Parade militer digelar di pusat kota Seoul pada Selasa sore, menandai tahun kedua berturut-turut pasukan berbaris melalui pusat ibu kota.

Negara ini biasanya memperingati hari jadi militernya bertepatan dengan Hari Angkatan Bersenjata, yang memperingati pengabdian personel militer dan jatuh pada 1 Oktober. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.