https://malang.times.co.id/
Berita

Puncak Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 Jatim Meriahkan Jalanan Kota Surabaya

Rabu, 23 Oktober 2024 - 16:16
Puncak Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 Jatim Meriahkan Jalanan Kota Surabaya Puncak Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 se-Jatim di Area Tugu Pahlawan Surabaya, Rabu (23/10/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar Puncak Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 se-Jatim di Area Tugu Pahlawan Surabaya, Rabu (23/10/2024).

Total 38 maskot dari seluruh kabupaten/kota dipertontonkan kepada publik dalam parade mobil hias menarik. Kemudian ada tambahan satu maskot Pilgub Jatim, Si Jalih.

Sejumlah hiburan turut meramaikan. Ada fashion carnival, barongsai, reog, serta seni budaya lainnya.

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi mengatakan, ajang ini merupakan kreativitas yang dikerjakan oleh KPU Jatim dan KPU kabupaten/kota untuk mensukseskan Pilkada 2024.

"Rangkaian kegiatan ini diawali Bulan Juli dilepas di Kabupaten Pacitan wilayah ujung dan Kabupaten Sumenep. Ada dua rute yang sudah dilalui kendaraan-kendaraan hias ini dan telah sampai di Surabaya. Ini puncak kitabnya," kata Aang seraya berharap hasil partisipasi pemilih akan meningkat melalui aksi-aksi seperti ini.

etua-KPU-Jatim-Aang-Kunaifi.jpgKetua KPU Jatim Aang Kunaifi saat membuka Puncak Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 se-Jatim di Area Tugu Pahlawan Surabaya, Rabu (23/10/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Ketua Divisi Sosdiklih Parmas KPU Jatim, Nur Salam turut menambahkan, acara akan berlangsung hingga nanti malam. Kreasi itu juga merupakan bagian sosialisasi pendidikan pemilih. 

"Provinsi Jatim merupakan satu-satunya yang menggelar kirab maskot," tandasnya. 

Ada 50 personel masing-masing kabupaten/kota terlibat. KPU Jatim juga mengerahkan seluruh jajaran komisioner dan sekretariat. Masing-masing menampilkan defile kostum atraktif seperti karnaval dan membawakan kesenian dari daerah mereka malam nanti. Defile kostum berkeliling dari Jalan Rajawali, Jembatan Merah, Jalan Cenderawasih, Jalan Veteran dan Jalan Kebon Rojo.

KPU-Mojokerto.jpgPuncak Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 se-Jatim di Area Tugu Pahlawan Surabaya, Rabu (23/10/2024).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Sementara rangkaian kirab maskot dimulai pukul setengah tiga sore. Dari Tugu Pahlawan, Jalan Genteng Kali, Jalan Tunjungan, Jalan Genteng Besar, Jalan Kenari dan Jalan Gubernur Soeryo sebagai rute terakhir. 

Adapun penyerahan maskot dan deklarasi Pilkada Damai berlangsung di lokasi puncak acara di Monumen Tugu Pahlawan, Jalan Pahlawan, Surabaya.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.