https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Kunjungan SMKN Pasirian ke TIMES Indonesia: Tingkatkan Pengetahuan tentang Media Digital

Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:07
Kunjungan SMKN Pasirian ke TIMES Indonesia: Tingkatkan Pengetahuan tentang Media Digital Editor TIMES Indonesia Wahyu Nurdiyanto saat memberikan materi mengenai pengelolaan media sosial kepada siswa SMKN Pasirian Lumajang yang berkunjung ke kantor data TIMES Indonesia, Rabu (23/10/2024). (Foto: Garnis Sukma Devi/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Siswa SMK Negeri Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur melakukan kunjungan industri ke Kantor Data TIMES Indonesia di Malang, Rabu (23/10/2024).

Sebanyak 60 siswa dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) belajar mengenai manajemen media massa. Kunjungan industri merupakan acara tahunan sekolah yang bertujuan sebagai media para siswa untuk memperoleh gambaran tentang dunia kerja.

Dalam kesempatan ini, Waki Pemimpin Redaksi TIMES Indonesia, Wahyu Nurdiyanto, memaparkan bagaimana cara mengolah berita sebelum tayang menjadi produk jurnalistik.

Berita harus melewati beberapa tahap agar bisa dianggap layak. Peran editor, publisher sampai penyelaras bahasa akan diperlukan dalam menyeleksi naskah dari reporter sebelum diterbitkan di web.

Sesi kunjungan indutri tersebut juga dilengkapi dengan materi penggunaan internet, khususnya media sosial sebagai aset masa depan dan sarana personal branding.  "Siswa harus lebih bijak dalam bermedia sosial. Isi dengan hal positif, karena itu bisa menjadi aset berharga dan memiliki efek jangka panjang jenjang karir," ucapnya. 

Eva Nessia, guru DKV menyatakan kunjungan industri di TIMES Indonesia, untuk mengenalkan dunia kerja sesuai dengan jurusan yang siswa tempuh sekarang.

Wapimred-TI.jpgPenyerahan cindera mata dari perwakilan SMKN Pasirian Lumajang kepada Wakil Pemimpin Redaksi TIMES Indonesia Wahyu Nurdiyanto, Rabu (23/10/2024). (foto: Adam Saputra SA/TIMES Indonesia)

Selain ke TIMES Indonesia, siswa SMK Negeri Pasirian juga mengunjungi UBTV di kampus Universitas Brawijaya untuk mengetahui proses produksi televisi. 

Eva menambahkan, akan menjajagi Memorandum of Understanding (MoU) sebagai upaya kerja sama menyalurkan siswa magang dan koneksi tenaga kerja setelah siswa lulus.

Gradi, salah satu siswa SMK Negeri Pasirian merasa senang bisa mendapat wawasan mengenai industri media dan pengelolaan media sosial yang sebelumnya belum bisa diperoleh di bangku sekolah. Kedepannya, siswa tersebut juga berharap agar kelak bisa bekerja di industri media.

Kunjungan Industri SMK Negeri Pasirian di Times Indonesia ditutup oleh penyerahan vandel, buah tangan serta foto bersama yang diikuti oleh siswa dan guru. (*)

Pewarta : Garnis Sukma Devi (MG)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.