https://malang.times.co.id/
Berita

Lamdik Lakukan Asesmen Prodi PBA UIN Maliki Malang

Selasa, 27 Agustus 2024 - 15:21
Lamdik Lakukan Asesmen Prodi PBA UIN Maliki Malang Ketua Senat UIN Malang, Prof Muhtadi saat menerima para asesor dari Lamdik, Selasa (7/8/2024). (Foto: Humas UIN Malang)

TIMES MALANG, MALANG – Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) tengah melakukan asesmen lapangan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang). Asesmen yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa dan Rabu (27-28/8/2024) ini diawasi langsung oleh dua asesor, yaitu Prof. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. Raswan, M.Pd., M.Pd.I dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Proses

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, mengatakan,  UIN Malang yang kini telah berusia 63 tahun, terus berkomitmen untuk mencapai visinya sebagai kampus unggul dan bereputasi internasional. Hal ini sejalan dengan Roadmap UIN Malang 2021-2024 yang mengedepankan peningkatan mutu dan reputasi global.

"Alhamdulillah, UIN Malang telah menjadi kampus unggul pertama, diikuti oleh UIN Yogyakarta dan beberapa PTKIN lainnya, serta 60 PTN," ujar Prof. Zainuddin.

Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini UIN Malang telah mendaftarkan delapan program studi kepada tim asesor Jerman untuk mendapatkan akreditasi dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA).

"Mudah-mudahan delapan prodi yang kita submit mendapat pengakuan dari FIBAA," harapnya.

Lebih lanjut, UIN Malang juga tengah mempersiapkan akreditasi internasional melalui ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, The Natural Sciences and Mathematics) untuk 14 program studi.

"Kami berharap, dengan langkah ini, UIN Malang dapat terus memperkuat posisinya sebagai kampus yang unggul di kancah internasional," tambah Prof. Zainuddin.

Selain itu, UIN Malang juga telah tercatat dalam daftar 16 Perguruan Tinggi Islam Dunia versi UniRank, sebuah pengakuan yang memberikan semangat bagi seluruh sivitas akademika untuk terus maju.

Sementara itu, dalam sambutan pembukaannya, Prof. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diterimanya dan menegaskan komitmennya untuk melaksanakan tugas asesmen dengan profesional.

"Kami hadir di Prodi PBA FITK ini untuk melakukan asesmen lapangan berdasarkan hasil asesmen mandiri yang telah dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Malang," jelasnya.

Ia juga berharap proses asesmen selama dua hari ini dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat menjadi bahan evaluasi serta perbaikan bagi Prodi PBA di masa mendatang. "Ini tentu menjadi harapan kita bersama," tutup Prof. Yayan. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.