https://malang.times.co.id/
Berita

Heboh Penemuan Jasad Bayi dengan Surat Wasiat di Pemakaman Kabupaten Malang

Sabtu, 29 Juni 2024 - 13:36
Heboh Penemuan Jasad Bayi dengan Surat Wasiat di Pemakaman Kabupaten Malang Evakuasi petugas terhadap jasad bayi yang ditemukan di area pemakaman di Desa Palaan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, pada Jum'at (28/6/2024). (Foto Humas Polres)

TIMES MALANG, MALANG – Penyelidikan intensif tengah dilakukan aparat Polres Malang menyusul penemuan bayi di area pemakaman umum Desa Palaan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jumat (28/6/2024) kemarin.

Bayi berjenis kelamin perempuan itu ditemukan oleh warga dalam keadaan sudah tidak bernyawa. 

“Iya, kami telah melakukan langkah-langkah penyelidikan terkait penemuan jasad bayi di area makam Desa Palaan, Kecamatan Ngajum. Saat ini petugas sedang mendalami tersebut,,” kata Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, di Polres Malang, Sabtu (29/6/2024).

Kronologi kejadiannya, lanjutnya, bermula ketika Kaseno (62), seorang warga setempat, hendak menuju sungai di seberang makam Desa Palaan, pada Jumat (28/6/2024) sekitar pukul 16.00 WIB. Saat melintasi area makam tersebut, ia melihat bungkusan yang mencurigakan di pinggir jalan. 

Karena penasaran, ia kemudian membuka tas kresek warna hitam itu untuk mengetahui isi di dalamnya. Setelah dilihat, ternyata itu adalah jasad bayi perempuan yang sudah dalam keadaan tidak bernyawa. 

Kaseno segera menghubungi petugas Polsek Ngajum untuk melaporkan penemuan tersebut. 

“Tim dari Polsek Ngajum segera tiba di lokasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan evakuasi,” jelas Ipda Dicka.

Diungkapkan, jasad bayi tersebut ditemukan dalam kondisi telanjang, dan tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan saat ditemukan. 

"Diperkirakan bayi tersebut telah meninggal sesaat setelah dilahirkan karena masih terdapat tali pusar yang menempel di perut bayi," benernya. 

Petugas Polsek Ngajum selanjutnya membawa mayat tersebut ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, guna dilakukan pemeriksaan visum. 

Dikatakan Ipda Dicka, di dalam tas kresek juga ditemukan secarik kertas berisi pesan wasiat dalam Bahasa Jawa. 

Tulisan tersebut berbunyi ‘Sopo ae seng nemokno tolong kuburno seng layak, aku wong miskin’. 

“Kami menemukan wasiat di tas tersebut bertuliskan intinya agar jasad tersebut dikuburkan dengan layak,” jelasnya.

Ipda Dicka menyebut, pihaknya kini tengah melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mengungkap fakta-fakta terkait kasus ini. Upaya identifikasi korban dan pencarian informasi dari masyarakat sekitar, terus dilakukan untuk menemukan pihak yang bertanggung jawab atas kejadian miris ini.

"Masih proses penyelidikan, kami akan berupaya semakasimal mungkin untuk mengidentifikasi dan mencari siapa pelaku yang tega membuang jasad bayi tersebut," tutup Dicka. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.