https://malang.times.co.id/
Berita

Layani 60.000 Sambungan Rumah di 8 Kecamatan, SPAM Kota Bandar Lampung Diresmikan Presiden RI Jokowi

Selasa, 27 Agustus 2024 - 15:13
Layani 60.000 Sambungan Rumah di 8 Kecamatan, SPAM Kota Bandar Lampung Diresmikan Presiden RI Jokowi Presiden RI Jokowi didampingi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meresmikan SPAM Kota Bandar Lampung di Provinsi Lampung, Senin (26/8/2024). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES MALANG, BANDAR LAMPUNGPresiden RI Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj Gubernur Lampung Samsudin, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, dan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung (SPAM Kota Bandar Lampung) di Provinsi Lampung, Senin (26/8/2024). 

Presiden RI Jokowi mengatakan SPAM ini adalah proyek strategis nasional (PSN) di Provinsi Lampung yang sudah dikerjakan sejak tahun 2020. 

"Saya melihat tadi airnya bersih dan seperti yang dikatakan Bu Dirjen lebih bagus dan lebih bersih dari air kemasan. Karena turbidity-nya 0,28 NTU, padahal standar dari Kemenkes 3 NTU, kalau air kemasan 0,8 NTU. Jadi kualitasnya lebih bagus," kata Presiden RI Jokowi. 

SPAM Kota Bandar Lampung dibangun menggunakan skema KPBU dengan total biaya Rp1,38 triliun yang meliputi investasi dari PT Adhya Tirta Lampung (ATL) selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP) senilai Rp485 miliar, APBN (VGF Kemenkeu dan Kementerian PUPR) sebesar Rp559,2 miliar, dan APBD/Perumda Rp281 miliar. 

PUPR-Jokowi-2.jpg

SPAM ini memiliki intake dengan kapasitas 825 liter/detik, instalasi pengolahan air minum (IPA) berkapasitas 750 liter/detik, reservoir distribusi dengan kapasitas 10.000 m3, serta jaringan pipa transmisi air baku, pipa transmisi air minum, pipa jaringan distribusi utama dan jaringan distribusi layanan. 

"SPAM ini dapat melayani hingga 60.000 sambungan rumah (SR), dimana saat ini sudah fungsional melayani 13.105 SR dan akan ditambah lagi 4.567 SR melalui DAK dan Inpres Air Minum. Diharapakan Pemkot Bandar Lampung dan PDAM dapat meningkatkan SR-nya agar ideal capacity SPAM ini bisa termanfaatkan," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI Diana Kusumastuti. 

Area pelayanan dari SPAM Kota Bandar Lampung meliputi 8 kecamatan di Bandar Lampung yaitu Kecamatan Rajabasa, Kecamatan Labuhan Ratu, Kecamatan Kedaton, Kecamatan Tanjung Senang, Kecamatan Sukarame, Kecamatan Way Halim, Kecamatan Kedamaian dan Kecamatan Sukabumi.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI Diana Kusumastuti dan Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. (*) 

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.