https://malang.times.co.id/
Berita

DPRD Kabupaten Malang Percepat Pembentukan Alat Kelengkapan

Jumat, 30 Agustus 2024 - 18:07
DPRD Kabupaten Malang Percepat Pembentukan Alat Kelengkapan Penyematan pin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kepanjen kepada Ketua Sementara DPRD Kabupaten Malang periode 2024-2029, diikuti semua anggota dewan yang dikukuhkan, usai pengambilan sumpah janji di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Jumat (30/8/2024).

TIMES MALANG, JAKARTA – Ketua Sementara DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, mengumumkan bahwa 50 anggota dewan terpilih untuk masa jabatan 2024-2029 akan memulai tugas mereka hari ini. Pada Jum'at (30/8/2024) sore, Darmadi memimpin Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Kabupaten Malang di gedung dewan.

"Senin (2/9/2024) depan, kita sudah mulai berkegiatan. Anggota DPRD Kabupaten periode baru ini akan menjalankan fungsi mereka dalam hal budgeting (penganggaran), legislasi, dan pengawasan, seperti yang dilakukan pada periode sebelumnya," jelas Darmadi.

Darmadi menekankan pentingnya melanjutkan beberapa program yang belum terselesaikan dari periode 2019-2024. Selain itu, percepatan pembentukan alat kelengkapan dewan menjadi prioritas agar anggota DPRD dapat segera menjalankan tugas dan fungsi mereka.

DPRD-Kabupaten-Malang-2.jpg

"Sebagai pimpinan sementara, tugas kami termasuk memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi dan pembahasan tata tertib DPRD hingga terbentuknya pimpinan definitif. Kami akan segera menyelesaikan tugas ini," tambah Darmadi.

Setelah pelantikan, pimpinan definitif DPRD Kabupaten Malang akan segera dikirimkan ke Menteri Dalam Negeri untuk mendapatkan penetapan. Darmadi juga mengungkapkan bahwa anggota dewan yang baru akan menyusun Rancangan APBD 2025, sementara KUA-PPS RAPBD 2025 sudah dikerjakan oleh anggota DPRD periode sebelumnya.

Darmadi juga menyebutkan bahwa masih ada empat rancangan peraturan daerah (ranperda) yang sedang dalam proses evaluasi oleh Gubernur Jawa Timur. Ia tidak dapat merinci rincian ranperda tersebut, tetapi menyatakan bahwa beberapa ranperda yang telah dibahas tidak dapat dilaksanakan pada periode ini dan akan dilanjutkan oleh anggota dewan periode berikutnya. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.