https://malang.times.co.id/
Berita

Catatan Ringan Euro 2024: Tim Paling Beruntung Hanya Les Bleus Prancis

Sabtu, 06 Juli 2024 - 21:09
Catatan Ringan Euro 2024: Tim Paling Beruntung Hanya Les Bleus Prancis Timnas Prancis (FOTO: UEFA)

TIMES MALANG, JAKARTASAMPAI babak 8 Besar ini hanya ada satu tim yang paling beruntung. Paling dinaungi oleh Dewi Fortuna. Yaitu Les Bleus Prancis. 

Praktis hanya cukup dengan 1 gol, Prancis sukses menembus semifinal Euro 2024. Dan, 1 gol murni itu pun dilesakkan oleh Kylian Mbappe lewat titik penalti. Saat Prancis bermain seri 1-1 versus Polandia di babak penyisihan Grup D. 

Tidak ada satu pun gol yang tercipta dalam permainan terbuka. Lewat tendangan atau tandukan. Tanpa gol-gol indah dengan umpan-umpan manis. 

DI BABAK PENYISIHAN GRUP:
Prancis 1-1 Polandia
Gol penalti Kylian Mbappe. 
Prancis 0-0 Belanda
Tanpa gol. 
Prancis 1-0 Austria. 
Gol bunuh diri pemain Austria M. Wober. 

BABAK 16 BESAR
Prancis 1-0 Belgia
Gol bunuh diri pemain Belgia J. Vertonghen. 

PEREMPAT FINAL
Portugal 0-0 Prancis sampai extra time. 
Adu penalti Prancis menang 5-3.

5 gol Prancis saat adu penalti lawan Portugal tidak dihitung. Karena yang kita hitung hanya gol yang tercipta dalam permainan 2x45 menit dan extra time 2x15 menit. 

Prancis HANYA BISA MELESAKKAN 1 GOL MURNI lewat tendangan penalti Mbappe ke gawang Polandia, Selasa  25 Juni. 

Betapa luar biasanya anugerah keberuntungan ini bagi Prancis. Tiada tara di pentas Euro 2024.

Mari kita bandingkan produksi gol murni Prancis dengan Matador Spanyol yang akan mereka hadapi di babak semifinal, Rabu 10 Juli dinihari nanti. 

BABAK PENYISIHAN GRUP:
Spanyol 3-0 Kroasia
Spanyol 1-0 Italia
Albania 0-1 Spanyol

BABAK 16 BESAR:
Spanyol 4-1 Georgia
Catatan: 1 gol Georgia adalah gol bunuh diri pemain Spanyol R. Le Normand. 

BABAK 8 BESAR:
Spanyol 2-1 Jerman

Total Spanyol telah membukukan 11 GOL. 
**

Apakah Prancis masih akan memperoleh keberuntungan lagi di babak semifinal nanti? Kalau ya, dan berkat keberuntungan itu Prancis menembus Final Euro 2024, mungkin hanya Prancis satu-satunya tim yang memperoleh anugerah luar biasa itu sepanjang sejarah Piala Eropa. 

Nikmat apa lagi yang tak kamu dapatkan Prancis? 

Namun, apakah keberuntungan hak monopoli Prancis? Tentu tidak. Spanyol pun punya hak, entah nanti berupa apa. Begitu pula dua tim lain yang akan lolos ke semifinal, Sabtu malam ini 6 Juli dan Minggu dinihari 7 Juli. Di laga Inggris vs Swiss dan Belanda vs Turki. 

Sementara itu, Portugal bersama Cristiano Ronaldo akhirnya gagal lolos ke semifinal. Di babak perempat final, Portugal kalah adu penalti (3-5) oleh Prancis. 

Namun, Portugal berhasil melakukan perlawanan luar biasa terhadap Prancis. Prancis dimandulkan tanpa gol sampai extra time. Karena itu, walaupun harapan penulis Portugal bisa mengalahkan Prancis tak terkabul, ya nggak masalah. Apalagi Prancis bisa disebut sebagai rajanya keberuntungan. Hehehe. 

Soal siapa bintang muda yang cemerlang di laga Spanyol vs Jerman di babak 8 Besar, di kubu Spanyol adalah Lamine Yamal. Di kubu Jerman adalah Florian Wirtz. Bukan Jamal Musiala. 

Lamine Yamal memberikan assist kepada Daniel "Dani" Olmo Carvajal yang mencetak gol pertama Spanyol ke gawang Jerman di menit 51.

Dani Olmo dikatakan sebagai pahlawan tak terduga bagi kemenangan Spanyol. Ia masuk setelah delapan menit Pedri mengalami cedera. Dan ternyata Dani Olmo tampil luar biasa. 

Olmo lah yang memberikan umpan silang luar biasa kepada Mikel Merino. Dan Merino menyambutnya dengan tandukan yang menjebol gawang Jerman. Merino inilah yang menjadi penentu kemenangan di menit ke-119.

Sedangkan Florian Wirtz adalah bintang muda Jerman yang mencetak satu-satunya gol ke gawang Spanyol di menit 89. Di babak perempat final itu. 

Selanjutnya, mari kita cermati bersama kehebatan-kehebatan apa lagi yang akan tercipta di pentas Euro 2024? (*)

Pewarta :
Editor : Khoirul Anwar
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.