https://malang.times.co.id/
Ekonomi

Kolaborasi Startup dan IKM di Malang, Bantu Pendaftaran Merek dan Geber Workshop Pembuatan Diffuser

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:15
Kolaborasi Startup dan IKM di Malang, Bantu Pendaftaran Merek dan Geber Workshop Pembuatan Diffuser Kolaborasi Mebiso dan Roiloka saat Workshop pembuatan Diffuser. (Foto: Dok. Beon Intermedia/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Startup asal Malang, yakni Mebiso bersama Industri Kecil Menengah (IKM), Roiloka berkolaborasi untuk melakukan pendaftaran merek. Hal ini, menjadi langkah penting yang harus dilakukan sebuah startup sejak dini.

CEO Mebiso, Hesti Rosa mengatakan, kolaborasi antar keduanya ini penting dilakukan, karena dengan saling mendukung, startup dapat berkembang lebih cepat dan industri dapat tetap relevan dan kompetitif dengan memanfaatkan inovasi yang ditawarkan startup.

"Dengan melindungi ide dan inovasi melalui pendaftaran merek, mereka tidak hanya mengamankan hak ekslusif atas karya mereka, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk kesuksesan jangka panjang di dunia profesional," ujar Hesti, Sabtu (26/10/2024).

Ia mengungkapkan, prinsip perlindungan merek di Indonesia ini bersifat first to file. Artinya, siapa cepat maka ia yang berhak.

"Pelaku usaha yang sudah mendaftarkan merk akan mendapatkan hak ekslusif setelah sertifikat merek-nya terbit. Perlindungan merek ini diberikan sejak pendaftaran merk dimohonkan," ungkapnya.

Selain itu, Mebiso juga membantu Roiloka untuk meningkatkan revenue melalui aktivasi brand. Salah satunya, melalui program Roiloka Goes to Office yang dilakukan di Malang dan Makassar. Di Malang, kegiatan ini dilakukan di kantor Beon Intermedia untuk membuat diffuser.

"Ini merupakan program untuk bisa membangun brand awareness terhadap produk dan juga memperkenalkan essential oil alami yang penuh dengan manfaat," katanya.

Berbeda dengan program lainnya, selain memperkenalkan produk, Roiloka juga ingin memberikan experience kepada staf perusahaan untuk bisa belajar juga dalam pembuatan essential oil yang harapannya bisa sebagai bentuk healing. Sekaligus, mengasah kreativitas.

"Kami menggelar workshop pembuatan diffuser yang diikuti oleh pelaku startup. Mulai dari pengenalan minyak esensial, bahan dasar reed diffuser, pemilihan aroma yang tepat, keamanan pembuatan reed diffuser, cara penyimpanan dan lainnya," tuturnya.

Tak hanya meningkatkan awareness, kegiatan tersebut juga diharapkan bisa menjadi bahan pembuatan konten di sosial media milik Roiloka. "Sehingga, bisa meningkatkan interaksi dan jumlah pengikut media sosial mereka. Serta, diharapkan bisa meningkatkan penjualan online juga," lanjutnya.

Tak hanya itu, Mebiso juga membantu Roiloka untuk melakukan optimasi brand identity. Mulai dari product packaging, design, photo product, catalog dan storytelling product winning.

"Selanjutnya, strategi advertising produk, kolaborasi konten bersama KOL dan transfer knowledge lainnya," katanya.

Dengan adanya kolaborasi yang kuat antara startup dan industri, diharapkan perekonomian Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang lebih dinamis. 

Peran aktif keduanya dalam saling mendukung akan menciptakan ekosistem yang inovatif dan berdaya saing tinggi, memperkuat posisi Indonesia di kancah ekonomi global. 

Diharapkan, sinergi antara startup dan industri ini dapat menjadi fondasi bagi pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif, menciptakan lapangan kerja, serta memberikan solusi kreatif dan berkelanjutan untuk tantangan masa depan.

"Kolaborasi yang erat antara startup dan industri tidak hanya memperkuat perekonomian Indonesia, tetapi juga membuka peluang untuk inovasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan," ucapnya.

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.