https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Tim Cakrawala UM Bertandang di Dua Kategori dalam Kontes Kapal Indonesia 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 19:39
Tim Cakrawala UM Bertandang di Dua Kategori dalam Kontes Kapal Indonesia 2024 Tim Cakrawala FT UM yang bertandang dalam KKI 2024 di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. (Foto: FT UM for TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Ajang tahunan bergengsi, Kontes Kapal Indonesia 2024 (KKI 2024) resmi dibuka di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) pada 24 Oktober 2024.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbud Ristek ini, diikuti oleh sekitar 58 Perguruan Tinggi yang ada Indonesia. Termasuk Tim Cakrawala dari Fakuktas Teknik Universitas Negeri Malang (Tim Cakrawala UM) yang tampil sebagai finalis.

Pada KKI 2024, Tim Cakrawala UM akan bersaing di dua kategori, yaitu Fuel Engine Remote Control (FERC) dan Inovasi Desain dan Konstruksi (IDK). Dalam divisi FERC, tim ini memperkenalkan KCT Niwangga, kapal dengan kendali jarak jauh yang dirancang untuk mengutamakan kecepatan dan manuver.

Sedangkan dalam divisi IDK, mereka menghadirkan prototipe KCT Sagara, yang memiliki inovasi seperti optimasi sudut haluan, bulbous bow, dan sudut bilge keels guna mengurangi tahanan dan meningkatkan stabilitas kapal.

Acara pembukaan KKI 2024 berlangsung meriah dengan dihadiri sejumlah tokoh penting, termasuk Kepala Pusat Prestasi Nasional, Direktur PPNS, dan Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknologi dan Energi Perhubungan dari Kementerian Perhubungan.

"KKI merupakan wadah yang dirancang oleh Pusat Prestasi Nasional untuk mengasah talenta mahasiswa di bidang teknologi maritim," ujar Dr. Maria Veronika Irene Herdjiono, M.Si., Kepala Pusat Prestasi Nasional.

Sementara itu, Direktur PPNS, Rachmad Tri Soelistijono, S.T., M.T., menambahkan bahwa KKI merupakan evolusi dari Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN), yang kini memiliki cakupan lebih luas untuk mendorong pengembangan teknologi perkapalan.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknologi dan Energi Perhubungan, Suharto, A.TD., M.M., mengapresiasi KKI sebagai ajang yang mendukung visi Indonesia sebagai negara maritim.

“Sebanyak 62 persen dari wilayah Indonesia adalah kawasan perairan dengan pantai sepanjang 81.000 km dan luas kawasan perairan mencapai 6,32 juta km. Kementerian Perhubungan terus berkontribusi melalui jaringan trayek kapal perintis untuk melayani 492 pelabuhan,” jelas Suharto, yang berharap agar inovasi-inovasi dalam ajang KKI dapat mendukung kemajuan sektor perairan Indonesia.

Dengan KKI 2024, mahasiswa di seluruh Indonesia memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan rekayasa kapal mereka, mendukung tujuan bangsa dalam mewujudkan pengembangan teknologi maritim yang lebih luas dan terintegrasi. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.