https://malang.times.co.id/
Berita

Wisuda Tahap III 2024 Polinema, Direktur Beri Refleksi 5 Tahun Pelaksanaan MBKM

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 19:04
Wisuda Tahap III 2024 Polinema, Direktur Beri Refleksi 5 Tahun Pelaksanaan MBKM Gelaran wisuda tahap III tahun 2024 yang digelar Polinema, Sabtu (26/10/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar wisuda tahap III tahun 2024, Sabtu (26/10/2024). Dalam kesempatan itu, ada  868 mahasiswa yang dikukuhkan, berasal dari 28 program studi. Gelaran wisuda di Polinema berjalan dengan meriah nan haru.

Dalam kesempatan itu, Direktur Polinema Ir. Supriatna Adhisuwignjo, ST, MT; banyak memaparkan soal capaian kampus kepada para wali mahaiswa yang datang. Salah satunya tentang capaian program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Direktur menerangkan, tahun ini genap 5 tahun MBKM dilaksanakan, dengan segala dinamikanya. Namun seiring dengan itu para mahasiswa Polinema juga sudah mampu merasakan bagaimana manfaat penyelenggaraannya terutama dalam menumbuhkan karakter dan softskill individu. Secara umum, MBKM dikemas dalam 3 program besar, yaitu MBKM Kementerian/Flagship, MBKM Mitra Strategis/Non-Kementerian, dan MBKM Mandiri Polinema.

Dia menyebut bahwa Polinema telah melakukan berbagai perubahan dan penyesuaian dalam mendukung program MBKM, antara lain, mendesain ulang kurikulum. "Dengan memberlakukan kurikulum MBKM berbasis KKNI, OBE, dan SN-DIKTI, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui dinamika lapangan," terangnya.

Kurikulum yang diberlakukan, bertujuan melahirkan lulusan yang berkualitas, terampil dan kompeten serta dapat memenuhi tuntutan arus perubahan dan kebutuhan industri. Polinema juga membuat program khusus guna menyiapkan mahasiswa dalam dunia kerja dan pengembangan keilmuan, serta merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif.

"Program magang pada beberapa perusahaan mengalami peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat, begitu pula dengan berbagai program merdeka belajar lainnya dari berbagai program studi yang mengikuti magang dan studi independen bersertifikat di perusahaan mitra dari program MBKM Kemendikbudristek," kata dia.

Wisuda-Polinema-a.jpg

Diharapkan melalui program tersebut mahasiswa dapat membentuk dirinya menjadi manusia pembelajar sejati yang terampil, lentur, dan ulet (agile learner), memperkaya wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion/cita-citanya.

Program MBKM yang luar biasa telah diimplementasi oleh Polinema tentunya tidak akan dapat terwujud tanpa adanya dukungan dari para mitra kerja dan dunia industry.  Sebanyak 220 mitra kerja/mitra industry dari berbagai bidang mendukung terlaksananya program MBKM di Polinema baik dalam bentuk magang/praktik kerja maupun studi/proyek independen.

"Oleh karena itu, selaku pimpinan saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh mitra kerja/dunia industry atas kerjasama baiknya selama ini dalam mendukung keberhasilan para mahasiswa selama proses pendidikan berlangsung," kata dia.

Dalam kesempatan itu, dia juga memberikan selamat kepada wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dan menjalani Ikatan Dinas dari PT Rapidplast Indonesia sebanyak 18 mahasiswa dari Program Studi D4 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan dan D4 Teknik Elektro. Dimana yang bersangkutan telah mengikuti Wisuda pada tahap 1 dan tahap 2.

"Selain itu kami ucapkan selamat bagi 3 orang wisudawan dari prodi D3 Teknik Kimia yang juga berkesempatan menjalani Ikatan Dinas dari PT Chandra Asri Pacific, dimana 1 orang hadir di wisuda tahap pertama dan 2 orang lainnya hadir pada Wisuda Tahap 3 ini," ucap Supriatna.

Mengakhiri sambutanya, Direktur juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan yang telah memberikan kepercayaan kepada Polinema untuk mendidik putra-putrinya hingga mencapai gelar pendidikan. "Sehingga gelar yang diperoleh ini dapat menjadi hadiah terbaik yang dipersembahkan kepada Bapak dan Ibu," pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.