https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Gelaran AUG 2024 Resmi Ditutup, Kesuksesannya Jadi Percontohan Tuan Rumah Selanjutnya

Sabtu, 06 Juli 2024 - 23:14
Gelaran AUG 2024 Resmi Ditutup, Kesuksesannya Jadi Percontohan Tuan Rumah Selanjutnya Closing ceremony AUG 2024 yang digelar di Graha Cakrawala UM, Sabtu (6/7/2024) malam. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Setelah melewati proses yang panjang, gelaran ASEAN University Games XXI 2024 (AUG 2024) resmi berakhir pada Sabtu (6/7/2024). Closing ceremony kompetisi mahasiswa yang diikuti delegasi dari 11 negara itu berlangsung di Gedung Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang (UM).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ir. Suharti, MA., PhD yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada 9 Universitas di Surabaya dan Malang yang telah all out dalam menyukseskan gelaran AUG 2024 ini.

Sembilan kampus tersebut yakni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Malang.

ASEAN-University-Games-2.jpg

"Jerih payah mereka inilah yang berkontribusi besar dalam kesuksesan AUG 2024 ini," ucapnya.

Pihaknya berharap, kolaborasi apik dari berbagai negara ini bisa terus berlanjut hingga menghasilkan sesuatu yang besar bagi Indonesia. Tidak hanya di bidang olahraga, tetapi juga di bidang strategi lainya.

Presiden ASEAN University Sport Council (AUSC), Prof. Mohd. Ruslim Mohammed mengatakan, ada 11 negara yang berpartisipasi dalam AUG 2024 ini. Antara lain Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Filipina.

"AUG kali ini mencatatkan sejarah, di mana setiap cabor diikuti delegasi dari 11 negara. Sebelumnya, setiap cabor hanya diikuti beberapa delegasi saja, tetapi sekarang banyak yang berpartisipasi. Artinya, dari aspek partisipasi terjadi peningkatan keterlibatan atlet, pelatih atau official," ucapnya.

Dia menambahkan, AUG 2024 ini telah memperlombakan sebanyak 21 cabang olahraga (cabor) yang meliputi, Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Swimming, Sport Climbing, 3X3 Basketball, Judo, Handball, Wushu, Bridge, Chess, Athletics, Basketball, Badminton, Archery, Beach Volleyball, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate.

"Dari 21 cabor itu diperlombakan total sebanyak 250 nomor lomba. Dengan kata lain, ada 250 medali emas yang diperebutkan delegasi mahasiswa dari 11 negara ASEAN," ucap presiden AUSC tersebut.

Di tempat yang sama, ketua pelaksana atau PIC AUG, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., atau yang akrab disapa Cak Hasan mengatakan bahwa semua cabor dan nomor lomba tersebut sukses dilaksanakan di sejumlah venue yang ada di Surabaya dan Malang.

"Berkat dukungan dan komitmen kita bersama, AUG ini bisa terlaksana dengan sukses. Meskipun di atas lapangan sempat sengit dan kompetitif, tetapi semua keren, sudah menjunjung tinggi sportivitas dan ada rasa kekeluargaan yang tercipta sesuai semangat yang tercermin dalam tema AUG kali ini yaitu Unity in Diversity," beber Cak Hasan.

ASEAN-University-Games-3.jpg

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Surabaya itu menambahkan, ada sekitar 1.380 atlet dan 497 official serta pelatih yang terlibat dalam pekan olahraga mahasiswa negara ASEAN itu. Cak Hasan menegaskan, AUG 2024 ini terbilang sangat sukses, selain semua cabor berjalan lancar di semua venue, juga dilihat dari aspek partisipasi delegasi negara ASEAN.

Selain itu, kesuksesan juga didasarkan pada empat aspek penting lainnya yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan sukses dari aspek kolaborasi antar perguruan tinggi antar negara anggota ASEAN.

Cak Hasan menerangkan, sepanjang sejarah penyelenggaraan AUG, baru kali ini melibatkan perguruan tinggi sebagai venue cabor. Bahkan, perguruan tinggi yang dilibatkan berada di dua tempat sekaligus yaitu di Surabaya dan Malang. Hal ini menunjukkan aspek kolaborasi yang baik seluruh pihak yang terlibat, juga menjadi wujud dari Unity in Diversity atau bersama dalam keberagaman itu sendiri.

"Ini akan menjadi percontohan bagi tuan rumah gelaran AUG di tahun berikutnya" pungkasnya.

Tak luput, Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Prof Hariyono juga mengucapkan selamat atas suksesnya gelaran AUG 2024 ini. Dia merasa terhormat karena UM diberi kepercayan sebagai venue sekaligus lokasi closing ceremony gelaran bergengsi tahunan antar negara di ASEAN ini.

"Harapanya AUG 2024 ini bisa menjadi dorongan besar, utamanya bagi mahasiswa Indonesia untuk terus mengembangkan diri dan berprestasi utamanya di bidang olahraga," tuturnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.