https://malang.times.co.id/
Berita

Sah, 30 Anggota DPRD Kota Batu Resmi Dilantik

Jumat, 30 Agustus 2024 - 17:52
Sah, 30 Anggota DPRD Kota Batu Resmi Dilantik Tiga puluh anggota DPRD Kota Batu dilantik Ketua Pengadilan Negeri Malang, Rosihan Juhriah Rangkuti di Gedung DPRD Kota Batu. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, BATU – Hari ini, 30 Agustus 2024, sebanyak 30 anggota DPRD Kota Batu resmi dilantik di Gedung DPRD Kota Batu oleh Ketua Pengadilan Negeri Malang, Rosihan Juhriah Rangkuti. Pelantikan ini menjadi momen penting karena untuk pertama kalinya pimpinan DPRD Kota Batu beralih dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menjadikannya sebuah peristiwa fenomenal dalam sejarah politik kota ini.

Meski demikian, pelantikan ini juga diwarnai dengan kabar bahwa empat anggota DPRD Kota Batu akan segera mengundurkan diri. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, calon legislatif yang terpilih dalam Pilkada 2024 harus mengundurkan diri dari keanggotaan DPRD setelah ditetapkan sebagai pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah. Keempat anggota DPRD yang diperkirakan akan mundur adalah Nurochman dari PKB, H. Rudi dari PAN, Heli Suyanto dari Gerindra, dan Ganisa Pratiwi Rumpoko dari PDIP, yang masing-masing mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Batu dan Kota Malang.

DPRD-Kota-Batu-2.jpg

Pelantikan hari ini tetap berlangsung dengan lancar meskipun ada pengunduran diri yang akan datang. Berikut adalah nama-nama anggota DPRD Kota Batu yang resmi dilantik untuk periode 2024-2029:

  • PKB: Nurochman, Hasan Abdillah, M Didik Subiyanto, Dewi Kartika, Nur Ali
  • Gerindra: Arta Wijaya, Bambang Prahmono, Hely Suyanto, Agung Sugiyono
  • PDIP: Ganisa Pratiwi Rumpoko, Punjul Santoso, Amirah Ghaida, Khamim Thohari, Sampurno, Kukuk Kusbianto
  • Golkar: Didik Machmud, Susanti Leverika, Ilyas, Bambang Sumarto
  • PKS: Adi Sayoga, Saifudin, Nurudin Muhammad, Ludi Tanarto, Budi Riyanto
  • NasDem: M Farhan Alkatiri, Sudjono Djonet
  • PAN: H Rudi
  • Demokrat: Wildan Bimantoro

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik. Ia berharap kolaborasi dan sinergitas antara eksekutif dan legislatif akan semakin kuat dalam lima tahun mendatang, sehingga program-program pemerintah dapat lebih efektif dalam melayani dan memenuhi aspirasi masyarakat.

"Kami berharap dengan DPRD yang baru, kolaborasi dan sinergitas antara eksekutif dan legislatif akan semakin baik, sehingga kinerja pemerintahan ke depan dapat lebih optimal dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Aries.

Aries juga menyampaikan pesan Menteri Dalam Negeri RI kepada DPRD, menekankan pentingnya peran DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah yang sejajar dengan kepala daerah. DPRD memiliki fungsi strategis dalam pembentukan peraturan daerah, anggaran, dan pengawasan.

DPRD-Kota-Batu-3.jpg

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Batu, Endro Wahyudi, menjelaskan bahwa pengunduran diri anggota DPRD merupakan kewenangan partai. Partai yang bersangkutan akan mengirimkan surat pengunduran diri kepada Ketua DPRD Kota Batu, yang kemudian akan diteruskan ke gubernur melalui wali kota.

Untuk struktur kepemimpinan DPRD Kota Batu, Wakil Ketua Sementara DPRD 2024-2029 adalah M Didik Subianto dan Punjul Santoso, yang telah menerima penyerahan palu sidang dan buku progres report DPRD dari Asmadi, Ketua DPRD periode 2019-2024. (*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.