Berita

HUT ke-1 Kogabwilhan, Warga Mimika Ucapkan Selamat Buat Kogabwilhan III

Senin, 28 September 2020 - 00:14
62.98k
HUT ke-1 Kogabwilhan, Warga Mimika Ucapkan Selamat Buat Kogabwilhan III Tentara Nasional Indonesia (TNI)

TIMESINDONESIA, MIMIKA – Bukan hanya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto  yang menyampaikan selamat HUT ke-1 Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) yang jatuh pada 27 September 2020 ini. Sejumlah warga Kabupaten Mimika, Papua juga turut mengucapkannya.

Secara khusus, warga Kwamki Lama, Distrik Kwamki Narama Kabupaten Mimika mengucapkan selamat ulang tahun buat Kogabwilhan III yang bermarkas di Biak Papua.

"Selamat ulang tahun Kogab Wilayah III," kata seorang warga, Minggu (27/9/2020).

Sekadar informasi, Kogabwilhan adalah satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI yang resmi dibentuk pada Jumat 27 September 2019 lalu. Ada tiga tiga Kogabwilhan yang diresmikan saat itu.

Panglima-TNI.jpg

Kogabwilhan I, bermarkas di Tanjung Pinang. Wilayah daratnya mencakup Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Serta wilayah laut dan udara seperti di atas beserta wilayah ALKI-1 dan sekitarnya.

Kemudian Kogabwilhan II, bermarkas di Balikpapan. Wilayah daratnya meliputi Kaltim, Kalsel, Kaltara, Sulawesi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT. Wilayah laut serta udara seperti di atas ditambah wilayah ALKI-2 dan ALKI-3a serta sekitarnya.

Dan Kogabwilhan III bermarkas di Biak. Wilayahnya mencakup darat meliputi Maluku, Maluku Utara, Papua serta wilayah laut dan udara seperti di atas ditambah wilayah ALKI-3b dan sekitarnya.

Saat ini Kogabwilhan III, dipimpin oleh Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M.

Letjen-TNI-Ganip-Warsito-1.jpg

Di HUT ke-1 Kogabwilhan ini, Pangkogabwilhan III berharap ke depan Kogabwilhan akan semakin mampu untu mewujudkan harapan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. "Seperti yang beliau amanatkan. Bahwa Kogabwilhan sebagai representasi Konsep Interoperabilitas TNI. Kedepankan kemampuan Tri Matra Terpadu untuk menghadapi berbagai spektrum ancaman saat ini dan masa mendatang. Sinergi untuk TNI," tegasnya. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.