Berita

Pasca Hujan Deras, Sumberbrantas Kota Batu Dilanda Banjir Lumpur

Kamis, 08 April 2021 - 22:32
Pasca Hujan Deras, Sumberbrantas Kota Batu Dilanda Banjir Lumpur Suasana Desa Sumberbrantas sesaat setelah banjir lumpur melanda desa di Kota Batu yang berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto. (Foto: Arif for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUBPBD Kota Batu, Tagana dan Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk membersihkan jalanan dan permukiman di Desa Sumberantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Jawa Timur yang malam ini dilanda banjir lumpur.

Air bah bercampur lumpur mengalir di tengah permukiman penduduk, sehingga sungai yang ada di sekitar Punden Mbah Liung Sumberbrantas (sisi Barat Masjid Besar Sumberbrantas) tidak mampu lagi menampung besarnya air.

BPBD Kota Batu 2

Akibatnya air bah meluap ke jalanan, membanjiri jalan dan masuk ke warung serta permukiman rumah warga Sumberbrantas. Beberapa kendaraan roda empat terjebak lumpur di tengah jalan hingga tidak bisa meneruskan perjalanan.

Hal ini mengakibatkan jalan alternative yang menghubungkan Kota Batu dengan Kabupaten Mojokerto melalui Pacet sementara waktu tidak bisa dilalui. Hingga berita ini diturunkan petugas gabungan bersama warga membersihkan lumpur. Belum diketahui secara persis kerugian materiil atau pun korban jiwa dalam kejadian tersebut.  

“Hujan deras turun sejak sekitar pukul 17.15 hingga malam ini mengakibatkan banjir lumpur,” kata Susilo, warga Desa Sumberbrantas.

BPBD Kota Batu 3

Hujan deras yang melanda Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur  yang berlangsung pukul 17.15 sampai dengan 18.30 WIB telah menyebabkan banjir lumpur. Menurut warga, ketebalan lumpur di jalan raya mencapai kurang lebih 40 centimeter hingga membuat kendaraan terjebak dan harus didorong warga. Sedikitnya ada 11 rumah warga yang terendam lumpur dengan ketebalan 5 hingga 10 centimeter.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochiim membenarkan kejadian tersebut, tim reaksi cepat BPBD sudah meluncur ke tempat kejadian dan melakukan beberapa tindakan membantu warga. “Kita sudah lakukan kaji cepat, sasaran awal membebaskan jalan dari banjir lumpur agar bisa segera dilewati kendaraan,” ujar Rochiim. (*) 

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.