https://malang.times.co.id/
Ekonomi

Bank Indonesia dan Bank of Korea Luncurkan Kerangka Local Currency Transaction untuk Transaksi Rupiah-Won

Jumat, 30 Agustus 2024 - 13:25
Bank Indonesia dan Bank of Korea Luncurkan Kerangka Local Currency Transaction untuk Transaksi Rupiah-Won Ilustrasi Transaksi uang Rupiah di perbankan (FOTO: Antara)

TIMES MALANG, JAKARTA – Pada hari ini, Jumat, 30 Agustus 2024, Bank Indonesia (BI) bersama Bank of Korea (BOK) dan Kementerian Keuangan Korea Selatan secara resmi meluncurkan kerangka kerja Local Currency Transaction (LCT).

Inisiatif ini bertujuan untuk mempromosikan penggunaan mata uang lokal, yaitu Rupiah dan Won, dalam transaksi perdagangan antara kedua negara.

Langkah tersebut merupakan lanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada Mei 2023, dan kesepakatan kerangka operasional yang disetujui pada Juni 2024. Implementasi kerangka LCT ini dijadwalkan akan berlaku efektif mulai 30 September 2024.

Kerangka kerja LCT ini menjadi tonggak penting dalam hubungan keuangan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. Dengan adanya kerangka ini, diharapkan interkoneksi antara bank-bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) di kedua negara dapat diperkuat, memfasilitasi transaksi dengan mata uang lokal.

Selain itu, kerja sama ini juga akan mempermudah kuotasi nilai tukar langsung antara IDR (Rupiah) dan KRW (Won), serta mengurangi ketentuan yang menghambat pemanfaatan LCT.

"Ke depan, implementasi kerangka LCT akan mendorong peningkatan transaksi perdagangan bilateral, mengurangi eksposur risiko nilai tukar, dan meningkatkan efisiensi transaksi," seperti tertulis dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Jumat (30/9/2024). 

.Adapun bank yang ditunjuk sebagai ACCD (Bank ACCD) di Indonesia dan Korea Selatan untuk mendukung pelaksanaan kerangka LCT meliputi:

1. Bank ACCD di Indonesia

- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
- PT Bank Central Asia Tbk
- PT Bank CIMB Niaga Tbk
- PT Bank BTPN Tbk
- PT Bank Maybank Indonesia Tbk
- PT Bank OCBC NISP Tbk
- PT Bank DBS Indonesia
- PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk
- PT Bank KEB Hana Indonesia
- PT Bank Shinhan Indonesia
- PT Bank IBK Indonesia Tbk
- PT Bank KB Bukopin Tbk

2. Bank ACCD di Korea Selatan

- Woori Bank
- KEB Hana Bank Seoul
- Shinhan Bank Seoul
- Industrial Bank of Korea
- Kookmin Bank
- SMBC Seoul
- BNI Seoul Branch

Pihak Bank Indonesia berharap kerjasama Local Currency Transaction ini dapat memperkuat kerja sama ekonomi antara kedua negara dan membuka peluang baru dalam perdagangan internasional.(*)

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.