https://malang.times.co.id/
Gaya Hidup

Ngabuburit dan Menjelajah Jajanan Tradisional Legendaris Kota Malang

Sabtu, 17 April 2021 - 08:36
Ngabuburit dan Menjelajah Jajanan Tradisional Legendaris Kota Malang Aneka jenang Grendul, Mutiara, dan Jenang hitam. (FOTO: instagram_@dejenangs)

TIMES MALANG, MALANGKota Malang merupakan tempat yang sarat akan jajanan. Karena akrab dengan anak muda, produk kuliner ini pun memiliki inovasi seiring berjalannya waktu. Di bulan suci Ramadan, Kota Malang memiliki banyak sekali pasar ramadan yang menjual aneka jajanan ringan untuk disantap saat berbuka.

Beberapa Pasar Ramadan tersebut di antaranya di Jalan Soekarno Hatta, Alun-alum Rampal, Sawojajar, hingga Sulfat. Biasanya jajanan yang dijual di pasar ramadan ini kebanyakan adalah jajanan desa seperti cenil, cendol dawet, jenang, telur gulung, juga gorengan. 

Akan tetapi, jajanan Malang tidak hanya ada di pasar takjil saja. Beberapa  Tempat tak kalah legendaris di Malang juga memiliki rekomendasi jajanan yang juga siap menemani ngabuburit dan cemilan buka puasa. Berikut daftarnya:

1. Pos Ketan

Pos ketan menjual berbagai ketan dengan varian rasa. Dimulai dari vanila, coklat, sampai ketan duren. Pos ketan ini berada di Batu dan Jalan Soekarno Hatta Kota Malang. Harganya juga cukup terjangkau bagi masyarakat di Kota Malang, yakni dari Rp. 6.000 hingga 16.000 saja. 

2. Puthu Lanang

Jika melihat dari namanya, puthu lanang tidak hanya menjual puthu. Melainkan jajanan desa lainnya seperti cenil, klepon dan lupis. Dilansir dari kompas.com, Puthu lanang merupakan jajanan legendaris dan memiliki hak cipta. Nama puthu lanang sendiri diakui sang pemilik terinspirasi dari Putu Ayu, maka dibuatlah nama Puthu Lanang.

Siswoyo, pemilik puthu lanang mengaku awalnya tak berniat meneruskan usaha tersebut. Akan tetapi, demi melestarikan sejarah maka ia pun menyanggupi. Dengan demikian, hak cipta puthu lanang diajukan dan pada 2000 lalu hak cipta tersebut keluar menjadi paten untuk brand puthu lanang. Puthu Lanang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto, 73, Klojen Kota Malang. 

3. Delicious Malang

Delicious Malang juga menjual jajanan desa sepertu petulo, cendol dawet, dan serabi. Tidak hanya menjual jajanan ringan, Delicious Malang juga menjual makanan berat seperti mie godog, minuman seperti dawet pandan, sampai nasi ayam. Harganya mulai dari Rp. 8.000 sampai 15.000 saja. Lokasi Delicious Malang berada di Jalan Tlogomas nomor 23, Lowokwaru Kota Malang. 

4. De Jenangs

Sesuai dengan namanya, Ia menjual aneka varian jenang atau dikenal dengan bubur. Uniknya, bubur-bubur tersebut memiliki nama yang familiar dengan generasi milenial saat ini. Di antaranya es jenang londo taro, es jenang londo matcha, es jenang londo durian, dan es jenang londo original.

Pada umumnya, jenang tersebut berisi sumsum, ketan hitam, grendul, mutiara dan santan oiginal. Selain itu, uniknya penikmat jenang di sini akan menikmati jenang dalam keadaan dingin. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 20.000 saja. De Jenangs berlokasi di jalan S. Supriadi nomor 15, Sukun dan jalan Raya Langsep nomor 17 Kota Malang

Itulah tempat rekomendasi jajanan di Kota Malang bagi yang ingin mencari cemilan menjelang berbuka puasa atau takjil yang unik dan menarik untuk dicoba. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.