https://malang.times.co.id/
Pendidikan

Ilmu Komunikasi UTM Selenggarakan Kuliah Tamu Pada Program Kompetisi Kampus Merdeka

Senin, 17 Oktober 2022 - 16:05
Ilmu Komunikasi UTM Selenggarakan Kuliah Tamu Pada Program Kompetisi Kampus Merdeka Acara kuliah tamu yang ikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, para pelaku bisnis umkm dan jajaran dosen Ilmu komunikasi Universitas Trunojoyo Madura, Senin (17/10/2022). (foto: dok UTM)  

TIMES MALANG, BANGKALAN – Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menyelenggarakan kuliah tamu dengan mendatangkan Prof. Rachmah Ida, Dra, M.Com. PhD guru besar media dan komunikasi Universitas Airlangga Surabaya. Acara ini berlangsung di Ruang seminar FISIB UTMSenin (17/10/2022). Tema kuliah tamu kali ini adalah branding di era digital.

Prof Rachmah Ida mengatakan, ada banyak peluang dan tantangan dalam memperkuat brand identy dan tantangan aktivasi brand kian kompleks dan menantang.

“Brand identy itu menjadi wajah depan kita dan menjadi kekuatan kita untuk menciptakan kepercayaan dan impresi. Ini yang bisa menarik konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa. Oleh karena itu brand itu harus trusted dan kredibel,” papar dosen lulusan magister komunikasi di Edith Cowan Universty Pert Western Australia ini.

Alumnus Doktor Curtin University of Technology Australia ini menambahkan, brand dalam era kekinian sangat penting. Brand menjadi modal yang harus terus dikuatkan dan dilakukan melalui aktivasi, termasuk brand digital acivism melalui media sosial.

“Popularisasi penggunaan media sosial harus menjadi peluang dalam penggunaan brand dan bisa diaktivasi untuk mnguatkan brand. Kekuatan sosial media dengan multilayer dan platform media sosial menjadikan brand punya peluang lebih besar. Semua menjadi mudah dan murah. Akan tetapi itu tidak mudah, butuh kreativitas dan ketahanan dalam memelihara dan mengembangkannya,” paparnya.

Selain itu, Prof Rachmah Ida juga mengingatkan, membangun brand identity di era multiplatform diperlukan kepekaan dan perlu hati-hati dengan memperhatikan banyak faktor termasuk faktor sosial, budaya, dan juga karakter dari konsumen. Dengan demikian brand bisa mengikat loyalty konsumen secara berkesinambungan.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi, mahasiswa FISIB, para pelaku bisnis UMKM, dan para dosen di lingkungan Prodi Komunikasi FISIB UTM. Kegiatan acara ini juga merupakan salah satu pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Prodi Komunikasi FISIB UTM 2022. (*)

Pewarta : TIMES Magang 2024
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.