https://malang.times.co.id/
Berita

IHSG Hari Ini: Menghitung Peluang Window Dressing

Senin, 30 September 2024 - 08:30
IHSG Hari Ini: Menghitung Peluang Window Dressing Ilustrasi perdagangan saham.

TIMES MALANG, JAKARTA – Hari ini (30/9/2024) adalah hari terakhir di bulan September.  Hari terakhir di bulan September, hari terakhir di kuartal ke II, sering kali Fund Manager melakukan window dressing.  Apakah pada hari ini Window Dressing juga terjadi untuk mewarnai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)?

Window Dressing yang dilakukan oleh Fund Manager itu, menurut Satrio Utomo, praktisi pasar modal dari Komunitas Trader Saham RencanaTrading, Senin (30/9/2024) biasanya dilakukan pada saham-saham yang memiliki pengaruh yang besar pada pergerakan benchmark, penggerak dari indeks utama. 

Hingga perdagangan terakhir hari Jumat (27/9/2024) pekan lalu (posisi tanggal 30 Agustus 2024 vs 27 September 2024), IHSG sebenarnya masih tercatat naik tipis 0,34 persen.  BREN yang sempat menjadi saham No. 1 pada IHSG, memang mengalami penurunan tajam 33,26 persen.  Akan tetapi, kenaikan 3,15 persen yang terjadi pada BBCA dalam periode yang sama, membuat pengaruh penurunan BREN ternetralisir. 

Regional Asia yang pagi hari ini terlihat bervariasi.  Hang seng running dengan kenaikan sekitar 1,4 persen, sedangkan Nikkei terlihat running dengan penurunan sebesar 4,6 persen.  Sentimen dari bursa regional terlihat masih minim.

IHSG pada akhir bulan Agustus ditutup pada level 7.670,73. Dengan penutupan IHSG di hari Jumat pada level 7.696,92, sepertinya tidak sulit bagi IHSG untuk mengakhiri pergerakan di bulan September ini dengan kenaikan secara bulanan.  Window dressing sepertinya akan berlangsung minim pada saham-saham Big Caps. (*)

Pewarta : Hendarmono Al Sidarto
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.