https://malang.times.co.id/
Berita

Oshika Maba Unisma 2023 Diikuti 3.567 Maba, Ada Maba Asing dari 8 Negara

Senin, 18 September 2023 - 16:58
Oshika Maba Unisma 2023 Diikuti 3.567 Maba, Ada Maba Asing dari 8 Negara Penyematan topi kepada mahasiswa baru sebagai tanda pembukaan Oshika Maba Unisma 2023, Senin (18/9/2023). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES MALANG, MALANG – Universitas Islam Malang (Unisma) resmi memulai rangkauan Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus (Oshika) bagi Mahasiswa Baru (Maba) tahun 2023, Senin (18/9/2023). Kegiatan dimulai dengan pelantikan mahasiswa baru secara simbolis,  dan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan lainya di Gedung Bundar Unisma.

Pembukaan tersebut juga diramaikan oleh atraksi Paramotor dari TNI Angkatan Udara (AU) yang mengitari gedung Unisma sambil membawa spanduk Unisma bertuliskan Kita Satu Indonesia, bendera merah putih, dan lainya .

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri Msi menyampaikan, kegiatan yang berlangsung 18-20 September 2023 itu diikuti oleh 3.567 mahasiswa baru Unisma.

Oshika-Maba-Unisma-2.jpg

"Dari 3.567 maba yang diterima, 3.531 mahasiswa berasal dari 32 provinsi di Indonesia dan 36 mahasiswa merupakan mahasiswa asing yang berasal dari 8 negara," ucapnya.

8 negara tersebut mencakup Rumania, Belgia, Yaman, Sudan, Korea, Palestina, Mesir, dan Timor Leste. Dengan begitu, kini Unisma telah mempunyai mahasiswa dari 37 negara di dunia dan secara keseluruhan,  ada sekitar 17 ribu mahasiswa yang kini menuntut ilmu di kampus NU tersebut.

Rektor menyampaikan, Unisma terus berusaha untuk mengembangkan jaringan dengan berbagai pihak, seperti kampus-kampus besar dunia, untuk memfasilitasi mahasiswa, agar mereka bisa lebih berkembang.

"Mahasiswa Unisma tidak hanya berkomunikasi dengan mahasiswa tingkat nasional, tapi bisa bisa berkomunikasi dan beradaptasi dengan mahasiswa internasional," kata dia.

Masykuri menegaskan bahwa para Maba yang ada saat ini merupakan calon penerus pemimpin bangsa yang nanti akan menjadi pembawa perubahan baik di negara ini

"Mahasiswa adalah calon pemimpin perubahan. Bukan semata-mata pengikut perubahan, penonton perubahan, atau bahkan  penentang perubahan. Tapi saudara berada pada situasi perubahan-perubahan yang ada dan saudara harus beradaptasi," tegasnya.

Pihaknya pun memberikan motivasi kepada para Maba Unisma agar mereka bisa memaksimalkan potensi mereka saat berada di Unisma dan belajar dengan sungguh-sungguh.

“Sebagai Pimpinan Unisma, kami menyampaikan selamat datang mahasiswa baru Unisma 2023 di Kampus Hijau, Kampus Multikultural, Kampus kebanggaan Nahdlatul Ulama, Kampus Unggul dan Papan Atas, yakni Universitas Islam Malang,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.