https://malang.times.co.id/
Berita

JIS Gunakan ETFE, Sinar Matahari Tetap Masuk Meski Atap Stadion Ditutup

Selasa, 08 Maret 2022 - 15:05
JIS Gunakan ETFE, Sinar Matahari Tetap Masuk Meski Atap Stadion Ditutup Penampakan kecantikan Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada malam hari. (FOTO: Dok JIS)

TIMES MALANG, JAKARTA – Jakarta International Stadium atau JIS adalah stadion yang mengusung konsep green building pertama di Indonesia. Stadion berstandar internasional ini pun memiliki kelebihan yakni material atapnya menggunakan membran ETFE.

Sekadar diketahui, ETFE (Ethylene Tetrafluoroethylene) adalah bahan material generasi baru yang melebihi kaca. Penggunaan struktur membrane ringan dapat meningkatkan desain, sustainable energi, dan kinerja bangunan.

Produk ini semakin populer di kalangan arsitektur untuk strukur atap dan struktur fasad. Jakprogroup menjelaskan, selain ramah lingkungan, ETFE ini digunakan karena jauh lebih ringan, fleksibel, tidak mudah kotor.

Penampakan-kecantikan-Jakarta-Internasional-Stadium-2.jpg

"Dengan penggunaan ETFE ini, sinar matahari akan masuk meski atap stadion ditutup," demikian dikutip dari laman resmi Jakprogroup Selasa (8/3/2022).

JIS menggunakan tipe ETFE Nowoflon ET 6235Z yang memiliki UV transmission 73,9 persen dan solar transmission 88,7 persen. Sehingga sinar UV masih tetap bisa masuk ke dalam stadion meski atap tertutup. Tujuannya agar rerumputan di stadion utama tetap bisa berfotosintesis.

"Sejumlah stadion di luar negeri yang mengaplikasikan membran ETFE pada bagian atap seperti, Allegiant Stadium di Las Vegas, US Bank Stadium di Minneapolis, serta SoFi Stadium di California. Ketiganya di Amerika Serikat," jelasnya.

Saat ini, Jakarta International Stadium sudah masuk ke minggu 131, progresnya sudah capai 98,26%. JIS kini terus dikerjakan. Adapun pembangunannya ditargetkan rampung akhir Maret 2022 untuk secara keseluruhannya.

Penampakan-kecantikan-Jakarta-Internasional-Stadium-3.jpg

Banyak yang kagum dengan stadion ini. Salah satunya yakni dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) Arwani Thomafi.

Kemarin, Arwani Thomafi sendiri melihat stadion yang hampir rampung tersebut secara langsung. Momen tersebut dia abadikan di Instagram resminya. Menurutnya, stadion yang berada di Jakarta Utara tersebut tak kalah megah dengan Stadion buang berada di Eropa seperti Premier League.

"Alhamdulillah, bangga dan bersyukur, bareng Sekwil PPP DKI @najmimr dan @ppp.muda melihat langsung fasilitas super JIS yang gak kalah ama stadion di Premier League," katanya.

Ia pun berharap, dengan adanya stadion JIS tersebut bisa meningkatkan motivasi dan prestasi sepakbola di tanah air. "Semoga akan lebih mendorong untuk peningkatan prestasi sepak bola kita dan makin asyik nonton bareng2 suporter. Terima kasih @aniesbaswedan dan @dkijakarta," ujarnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.