Berita

Dibangun di Era VOC, Pendapa Agung Kabupaten Malang Akan Dijadikan Cagar Budaya

Sabtu, 23 Januari 2021 - 23:04
1.08k
Dibangun di Era VOC, Pendapa Agung Kabupaten Malang Akan Dijadikan Cagar Budaya Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM dan Arkeolog Dwi Cahyono ketika meninjau Pendapa Agung Kabupaten Malang. (FOTO: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPendapa Agung Kabupaten Malang dan Rumah Dinas Bupati Malang akan diusulkan menjadi cagar budaya. Lantaran merupakan peninggalan sejarah dan dibangun era VOC tahun 1800.

Guna mendukung cagar budaya tersebut, Arkeolog Dwi Cahyono meninjau Pendapa Agung Kabupaten Malang dan sekaligus Rumah Dinas Bupati Malang tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM dan Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Dr Made Arya Wedanthara SH MSi.

Arkeolog Dwi Cahyono menyebutkan sangat jarang di Malang bangunan pada zaman VOC di Malang yang masih bertahan dengan baik dan utuh.

"Pendapa Agung Kabupaten Malang ini dibangun bukan zaman Belanda, melainkan pada era VOC. Artinya pada tahun 1800an," ungkapnya. Maka dari itu sudah tepat apabila diusulkan jadi cagar budaya.

"Bangunan ini masih utuh dan asli. Maka bisa mendukung program Kayu Tangan Heritage," jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM menyebutkan bahwa Pemkab Malang mendukung usulan cagar budaya di Pendapa Agung Kabupaten Malang tersebut.

"Nanti para sejarahwan dan arkeolog akan melakukan kajian. Selain itu bisa mengadakan FDG untuk membahas hal tersebut," terangnya.

Selanjutnya kata dia, usulan Pendapa Agung Kabupaten Malang yang dibangun pada zaman VOC menjadi cagar budaya juga akan dilakukan pembahasan lebih lanjut oleh Disparbud Kabupaten Malang. (*) 

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.