Wisata

Ini Wisata Alam Sekitar Jembatan Kaca Bromo Probolinggo

Sabtu, 18 Februari 2023 - 06:39
Ini Wisata Alam Sekitar Jembatan Kaca Bromo Probolinggo Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Jembatan Kaca Bromo. (Foto: Pemprov Jatim)

TIMES MALANG, PROBOLINGGOJembatan Kaca Bromo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jatim, rupanya tak hanya menyajikan penorama keindahan alam sekitar. Lokasi jembatan ini juga berada dekat dengan sejumlah wisata menarik. Di antaranya Seruni Point dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS.

Jembatan Kaca Bromo yang telah selesai dibangun pada akhir tahun 2022 itu, disinyalir bakal menjadi wisata primadona. Bagaimana tidak, jembatan dengan panjang 130 meter itu membentang melewati area konservasi yang asri.

Apa saja wisata yang berada dekat dengan Jembatan Kaca Bromo? Berikut beberapa di antaranya:

Seruni Point

Sejatinya, wisata Seruni Point yang berada di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura ini, sudah tersambung dengan Jembaca Kaca Bromo. Artinya, pengunjung yang datang ke jembata kaca, juga bisa sekaligus melanjutkan ke destinasi yang satu ini.

Bromo.jpgWisata Seruni Point yang berada dekat dengan Jembatan Kaca Bromo. (Foto: Daun Photography)

Wisata Seruni Point ini, pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman mendaki anak tangga yang cukup panjang. Di puncaknya, pengunjung juga dapat menikmati matahari terbit dengan pemandangan Gunung Bromo yang menakjubkan.

Gunung Bromo

Secara administrasi, Jembata Kaca Bromo ini masuk teritorial kawasan strategis TNBTS atau Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lokasinya pun masih dalam satu desa dan kecamatan yang sama, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura. Hanya saja, rute dari jembata kaca menuju wisata Gunung Bromo, berada di jalur berbeda.

Jarak tempuh dari jembatan kaca menuju wisata Gunung Bromo, sekitar 5 kilometer. Di area wisata Gunung Bromo itu, wisatawan akan ditawarkan oleh berbagai spot wisata menarik lainnya. Di antaranya Lautan Pasir Bromo, Bukti Teletubis, dan beberapa lainnya.

Air Terjun Madakaripura

Wisata ini sedikit berbeda, sebab tidak berada di area TNBTS. Jarak tempuh dari Jembatan Kaca menuju Air Terjun Madakaripura sekitar 30 kilometer. Wisata ini masuk Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.

Bromo-2.jpgWisata Air Terjun Madakaripura yang menjadi salah satu wisata favorit di Probolinggo. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

Destinasi tersebut dipercaya menjadi tempat muksa Mahapatih Gajah Mada. Banyak wisatawan yang datang ke wisata ini untuk menikmati keindahan alamnya yang masih asri dan bangunan kuno bekas yang masih kokoh.

Kebun Durian

Area wisata satu ini juga tidak berada di area TNBTS. Jarak tempuh dari jembatan kaca menuju kebun durian ini sekitar 20 kilometer. Lokasinya berada di Desa Lumbang, Kecamatan Lumbang. Masih satu kecamatan dengan Air Terjun Madakaripura.

Kebun Durian ini menyajikan buah durian asli Lumbang, yang rasanya tak bisa dibanding-bandingkan. Durian Lumbang ini pun cukup terkenal dengan rasanya yang khas dan daging duriannya yang tebal.

Wisata Negeri Atas Awan

Lazimnya wisata ini dinamakan wisata Puncak Pundak Lembu P30, yang berada di Desa Wonokerso Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo. Jaraknya dari Jembatan Kaca Bromo sekitar 30 kilometer ke arah timur.

Obyek wisata yang terkenal dengan nama Negeri Atas Awan ini menyajikan panorama pemandangan yang epic. Tak hanya bisa memandang Gunung Bromo, wisatawan juga bisa melihat wisata B29 Kabupaten Lumajang, yang nampak begitu dekat.

Kehadiran jembatan kaca ini menjadi destinasi wisata primadona yang akan meningkatkan berbagai sektor daerah, dari wisata lokal hingga pelaku UMKM. Wisata yang mulai dijuluki Jembatan Cinderella ini telah dinanti-nanti wisatawan.

Bila telah beroperasi nanti, pengunjung Jembatan Kaca Seruni Point Bromo bisa menikmati tiga atraksi yang tersedia di obyek wisata ini.

Pertama adalah atraksi adrenalin melihat jurang. Atraksi kedua adalah pengunjung bisa menyaksikan keindahan pemandangan pegunungan di sekitar Jembatan Kaca Seruni Point Bromo. Selain itu, pengunjung juga dapat sekaligus berwisata di ekosistem area konservasi yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK.

Ketiga, pada malam hari ditawarkan konsep pencahayaan jembatan. Sehingga dengan pencahayaan jembatan, objek ini akan nampak jelas terlihat pada malam hari dari titik tertentu.

Diberitakan sebelumnya, Jembatan kaca Bromo di Kabupaten Probolinggo dibangun Kementerian PUPR, berkolaborasi dengan KLHK. Anggaran investasi senilai Rp 15 miliar menggunakan anggaran multiyears, yakni tahun anggaran 2021 dan 2022. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Malang just now

Welcome to TIMES Malang

TIMES Malang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.